RPP SD MODEL KOOPERATIF


(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : 
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas                           :  V
Semester                      :  II
Alokasi Waktu            : 2 ´ 35 Menit (1 pertemuan)
 



A.  Standar Kompetensi
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

B.  Kompetensi Dasar
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

C.  Indikator
1.      Siswa dapat mengetahui cara mengalikan pecahan biasa dengan pecahan biasa
2.      Siswa dapat mengetahui cara mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.      Siswa dapat mengetahui cara mengalikan pecahan campuran dengan pecahan campuran
4.      Siswa dapat mengalikan pecahan lebih dari dua bilangan
D. Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan biasa dengan pecahan biasa
2.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan campuran dengan pecahan campuran
4.         Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengalikan minimal 3 soal tentang pecahan lebih dari dua bilangan

  1. Model pembelajaran
a.       Model Pendekatan : Kooperatif
b.      Metode : ceramah, diskusi.

  1. Materi pembelajaran
a.       Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
b.      Mengalikan pecahan biasa dengan pecahan campuran.
c.       Mengalikan pecahan campuran dengan pecahan campuran
d.      Mengalikan pecahan yang lebih dari dua bilangan.

  1. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam
b.    Guru mengkondisikan kelas ke arah pembelajaran yang efektif.
c.    Guru mengecek kehadiran, kesiapan fisik dan mental siswa.
d.   Guru memberikan apersepsi
e.    Guru mengemukakan tujuan pembelajaran tentang perkalian bilangan pecahan
2.    Inti
a.    Guru menjelaskan materi pembelajaran secara umum
b.    Siswa memperhatikan penjelasan guru
c.    Guru mengerjakan contoh soal tentang materi pembelajaran.
d.   Guru memberikan kesempatan untuk bertanya.
e.    Siswa diminta mengerjakan contoh soal di depan papan tulis.
f.     Guru mengeluarkan media berbentuk table soal.
g.    Siswa diminta mengisi media table tersebut.
h.    Guru memberikan evaluasi
i.      Siswa diminta untuk mengerjakan soal evaluasi tersebut dengan diskusi teman sebangku
j.      Guru membimbing siswa
k.    Siswa mengumpulkan latihan
l.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya terhadap materi pembelajaran yang belum dimengerti.
m.  Guru menanggapi pertanyaan siswa
3.    Penutup
a.    Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.    guru memberikan tindak lanjut

H.    Sumber pembelajaran
1.      Matematika 5 untuk siswa kelas V Acarya Media Utama Bab 5, Perkalian dan pembagian pecahan.
2.      Matematika 5 SD / MI kelas 5, RJ Soenarjo ( BSE )
I.       Alat dan Bahan
1.      Media soal

  1. Evaluasi
·      Penilaian Proses      : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung
·      Penilaian Hasil        : Tertulis
·       










Bengkulu,   januari 2011
Praktikan,



KONDINSI
A1G 007 027


EVALUASI























0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.