RPP SD TEMATIK


(RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                        :  Tematik
Tema                                       : Keperluan sehari-hari
Kelas / Semester                      : IIIA / I
Waktu            
a. Hari / Tanggal                      :                  2010
b. Pukul                                   :  07.30-  .00 WIB
c. Alokasi waktu                     : 1 x Pertemuan  (   x 30 Menit )


I.       Standar Kompetensi
·         Matematika
Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
·         IPS
Memahami bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
·         Bahasa Indonesia
Menggunakan pemikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
·         PKn
Memahami norma yang berlaku dilingkungan masyarakat
·         IPA
Menunjukan kreatifitas dalam memecakan masalah.
II.    Kompetensi Dasar.
·         Matematika
Memahami pecahan dan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
·         IPS
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
·         Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari
·         PKn
Melaksanakan norma yang berlaku dilingkungan masyarakat
·         IPA
Menggunakan teknologi alternative untuk memecakan masalah
III. Indikator.
1.      Matematika
Mengenal pecahan sederhana dan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari
2.      IPS
Mengindentifikasi bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
3.      Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman yang tak terlupakan secara runtun menggunakan pilihan kata yang tepat.
4.      PKn
Mendeskripsikan dan menerapkan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
5.      IPA
Menerapakan teknologi sederhana untuk memecakan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

A.    Tujuan Pembelajaran.
1.      Melalui metode demonstrasi, siswa dapat mengenal pecahan sederhana dan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Melalui diskusi kelompok kecil, siswa dapat mengindentifikasi bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
3.      Melalui bimbingan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman yang tak terlupakan secara runtun menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang mudah dipahami.
4.      Melalui tanya jawab, siswa dapat mendeskripsikan dan menerapkan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
5.      Melalui bimbingan guru, siswa dapat menerapakan teknologi sederhana untuk memecakan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Dampak pengiring
Selama proses pembelajaran, siswa dapat berpikir aktif, kreatif, kritis, saling menghargai, saling bekerjasama, berani mengeluarkan pendapat, serta setelah kegiatan belajar mengajar selesai siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

C.    Materi Pelajaran
·         Matematika
a.       Mengenal pecahan sederhana.
-          Pecahan setengah dan seperempat.
-          Pecahan sepertiga dan seperenam
b.      Membaca dan menulis bilangan pecahan
c.       Menentukan bilangan pecahan dengan gambar.
d.      Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan.
·         IPS
a.       Bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
-          Bergotong royong membangun rumah
-          Bergotong royong membersihkan lingkungan mesjid
-          Menjaga keamanan lingkungan
-          Membantu tetangga pada saat upacara adat.
b.      Kerjasama ( gotong royong ) sebagai ciri khas bangsa Indonesia
·         Bahasa Indonesia
a.       Keperluan sehari-hari
-          Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu.
-          Membaca bacaan.
·         PKn
a.       Norma di masyarakat
-          Mengenal norma atau aturan
-          Contoh aturan disekolah
·         IPA
a.       Gerak benda
- Jenis-jenis gerak
D.    Metode pembelajaran
o   Metode tanya jawab
o   Metode diskusi
o   Metode Penugasan
o   Metode Demonstrasi

E.     Langkah – langkah pembelajaran
§  Pra kegiatan pembelajaran (± 10 menit )
-          Guru menyiapkan sumber pelajaran
-          Guru dan siswa berdoa bersama
-          Guru mengabsen siswa
-          Guru mengkondisikan kelas siap untuk belajar
§  Kegiatan membuka pelajaran (± 10 menit )
-          Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa “apa yang kalian perlukan/butuhkan dalam kehidupan kalian sehari-hari?”
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
§  Kegiatan inti (± 45 menit )
Tahap I
1.      Guru memasang gambar tentang keperluan sehari-hari dipapan tulis dan siswa memperhatikan gambar tersebut.
2.      Guru menunjukan media asli tentang keperluan sehari-hari. Contohnya roti dan buah.
3.      beberapa orang siswa ditunjuk untuk mendemonstrasikan cara membelah roti menjadi beberapa bagian. Misalnya pecahan ½, ¼, dan 1/6.
Tahap II
1.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
2.      Guru memberikan lembar kerja siswa kepada siswa
3.      Siswa menjawab soal yang ada di LKS
4.      Guru membimbing siswa
5.      Guru meminta salah satu siswa dari masing-masing kelompok untuk membacakan hasil kegiatan kelompok.
Tahap III
1.      Siswa memperhatikan gambar bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga.
2.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang betuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.
3.      Melalui penjelasan guru, guru meminta anak untuk menyebutkan bentuk kerjasama apa saja yang dapat dilakukan dalam lingkungan tetangga.
Tahap IV
1.      Berdasarkan gambar dipapan tulis, siswa dapat menceritakan pengalaman dalam kehidupan mereka sehari-hari.
2.      Guru membimbing siswa untuk menceritakan pengalaman mereka dengan pilihan kata yang tepat.
Tahap V.
1.      Berdasarkan gambar yang dipasang dipapan tulis, siswa dapat mendeskripsikan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab, tentang norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.
Tahap VI
1.      Siswa memperhatikan gambar tentang kegiatan anak-anak sehari-hari. Misalnya ketika mereka sedang berain sepak bola.
2.      Guru membimbing siswa untuk memahami bahwa kegiatan yang mereka lakukan merupakan gerak sederhana karena ketika mereka bermain sepak bola mereka telah melakukan gerak menggelinding.
§  Kegiatan penutup (±25 Menit )
6.      Siswa dapat menyimpulkan materi pelajaran dengan bimbingan guru tentang keperluan sehari-hari serta pemecahan masalahnya.
7.      Evaluasi akhir tes tertulis
8.      Guru menutup pelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.

F.     Media dan sumber
1.      Media              : Gambar
2.      Sumber            :     -     Armaini, Rina dkk. 2004. matematika 3. Acarya Medai Utama : Bandung.
-          Tim Bina Karya Guru. 2007. Trampil Berbahasa Indonesia. Erlangga
-          Haryanto.2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Solo : PT Tiga Serangkai.
-          Adnan Warsito. 2007. IPS. Solo : PT. Tiga Serangkai.
-          Kurikulum. 2006. KTSP



Bengkulu,  Juni 2010
Praktikan



KONDINSI
A1G007027



                                                                   
   
                                                                       

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.