B. Membaca Intensif

B. Membaca Intensif 
1.Bacalah wacana di bawah ini dengan cermat! 
Kehidupan Desa 

Pada waktu liburan semesteran, keluarga Pak Toto berkunjung ke desa Suka Tani yang terletak di perbukitan Sendang Tuta. Di desa itulah dulu Pak Toto dibesarkan ayah bundanya. Walaupun kini Pak Toto sekeluarga hidup di kota dan berkecukupan, ia tidak pernah melupakan tanah kelahirannya. Paling tidak setahun sekali keluarganya diajak mengunjungi ayah bundanya sebagai tanda bakti kepada orang tuanya. Tanti dan Romi selalu ikut serta. Tanti duduk di kelas V dan Romi duduk di kelas III.
Berliburlah keluarga Pak Toto selama 1 minggu. Tanti dan Romi merasa betah tinggal di rumah Kakek dan Nenek Abas. Mereka dapat merasakan suasana desa yang sejuk dan nyaman. Pepohonan hijau ada di mana-mana. Hamparan sawah membentang luas. Pematang berkelok-kelok bagaikan permadani hijau yang indah. Tanaman padi tampak menguning dan burung- burung pun berkicau bersahutan. Air jernih yang mengalir dari puncak perbukitan menuju lembah masih banyak dijumpai di situ.
Setiap pagi menjelang, Pak Toto sekeluarga berjalan-jalan mengelilingi desa sampai ke persawahan milik Kakek dan Nenek Abas. Sambil mengenang masa kecilnya, Pak Toto menceritakan banyak hal tentang desa itu. Di sepanjang perjalanan pun banyak penduduk yang menyapa mereka, handai taulan dan sanak saudara. Tanti dan Romi merasa haru dan bangga terhadap kehangatan penduduk di situ.
Kehidupan Desa

Pak Toto menceritakan mata pencaharian penduduk di desa itu. Ada yang bertani, ada yang beternak ayam, itik, kambing, dan sapi. Tanti dan Romi pun dapat melihat pamannya yang sedang membajak sawah ladangnya. Mereka pun menghampiri Paman dan bertegur sapa. Pak Toto, Tanti, dan Romi sungguh merasa senang berada di desa itu.
Sambil berjalan mengelilingi sawah dan perkebunan milik Kakek dan Nenek Abas, mereka menikmati panorama desa sesekali bersendau gurau. Tidak terasa siang telah datang. Mereka pun pulang kembali ke rumah untuk makan siang. Hidangan makan siang telah disiapkan oleh Bu Toto dan Nenek. Segeralah mereka makan siang bersama-sama.
Hari-hari berikutnya selalu dilewati keluarga Pak Toto dengan riang gembira. Di depan rumah Kakek dan Nenek Abas terdapat pekarangan yang luas sekali. Banyak anak seusia Tanti dan Romi bermain-main lompat tali dan petak umpet, dari pagi hingga petang menjelang.
Tibalah saatnya liburan akan usai. Mereka harus kembali ke kota. Pak Toto harus bekerja, Tanti dan Romi pun harus sekolah. Setelah berpamitan dengan Kakek, Nenek, dan handai taulan, mereka pun kembali pulang.
Naik delman

Mereka naik delman sewaan dari rumah Kakek dan Nenek menuju ke terminal bus. Walaupun di hati kecil Tanti dan Romi merasa kehilangan semua kenangan, namun Pak Toto selalu mengatakan “Mari kita selalu berdoa semoga liburan mendatang kita selalu dapat datang ke desa ini karena izin Tuhan, Amin.” Sambil menikmati ayunan delman, Pak Toto menghibur sedikit kegalauan anak-anaknya dengan nyanyian dan Bu Toto pun tersenyum simpul

a.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1.Siapakah nama kakek dan nenek Tanti dan Romi?
2.Kapan keluarga Pak Toto berlibur ke tempat kakek dan neneknya?
3.Di desa mana keluarga Pak Toto berlibur?
4.Selain petani, sebutkan 2 mata pencaharian penduduk di desa Suka Tani!
5.Pak Toto sekeluarga selalu berbakti kepada ayah bundanya. Apakah buktinya? Jelaskan jawabanmu!

b.Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini! 

1.Keluarga Pak Toto sedang berlibur di desa ….
2.Keadaan di desa biasanya sejuk dan ….
3.Tanti dan Romi sedikit … hatinya karena harus meninggalkan desa Suka Tani.
4.Lagu Desaku diciptakan oleh ....
5.Tanti dan Romi menjumpai pamannya yang sedang ... sawah.

Kegiatan 5.2 
Mari kita nyanyikan bersama lagu berikut ini!
Desaku (Ciptaan L .Manik )

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu ku rindukan
Desaku yang permai

Perhatikan kata-kata sukar berikut ini! 
1.Semester               : waktu 6 bulan
2.Suasana                 : keadaan
3.Hamparan              : keadaan tanah (sawah) yang luas
4.Bukit                      : tanah yang tinggi
5.Lembah                  : keadaan tanah di dataran rendah
6.Panorama               : pemandangan
7.Usai                        : berakhir/selesai
8.Delman                   : kereta yang ditarik kuda
9.Galau                      : kecewa
10.Mata pencaharian  : pekerjaan

Kegiatan 5.3
Sebutkan kata-kata sukar lain dari bacaan di atas!
Coba cari tahu artinya! Kerjakan di buku tugas kalian!

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.