Bab 1 B. Berbicara

     Kamu telah menyimak sebuah petunjuk. Sekarang kamu akan bercerita tentang pengalaman.
     Ayo baca pengalaman berikut.
Kacamataku Penolongku 
Aku pulang sekolah dengan hati sedih. Nilai ulangan matematikaku jelek. Padahal aku sudah belajar dengan rajin. Ternyata jawabanku salah semua. Kemudian aku bertanya kepada teman. Ternyata aku menyalin soal yang salah.
     Esok hari mataku sakit. Mataku merah dan terasa gatal. Kemudian aku ke dokter mata. Dokter memberi saran untuk menjalani tes mata.
Kacamataku Penolongku
     Mataku sembuh. Aku mulai menjalani tes mata. Aku disuruh membaca deretan huruf. Kemudian angka. Sampai baris keempat aku bisa membaca. Tetapi baris selanjutnya aku tidak bisa. Huruf yang aku baca salah. Begitu juga dengan angka. Akhirnya aku harus memakai kacamata. 
     Hari yang mendebarkan. Hari pertama aku berkacamata ke sekolah. Ada rasa malu dan takut. Aku membayangkan komentar teman. Aku malas untuk sekolah hari ini. 
      Aku berharap kacamataku dapat membantuku. Agar aku tidak salah menulis. Dokter berpesan untuk selalu memakai kacamata. Aku juga harus minum vitamin. Agar mataku tetap sehat. 

Sumber: Kompas Anak dengan pengubahan

Aku Siap Jawab
Sekarang ayo jawab pertanyaan berikut.
1. Apa isi cerita pengalaman temanmu.
2. Apa saran yang disampaikan dokter.
3. Mengapa temanmu harus memakai kacamata.
4. Apa yang dirasakan temanmu setelah memakai kacamata.
5. Apa harapan temanmu pada kacamata.

Kegiatanmu 
1. Ceritakan kembali pengalaman temanmu tadi.
2. Tulislah sebuah pengalaman yang berkesan menurutmu. Bacakan di depan temanmu.
3. Berikan tanggapan terhadap pengalaman temanmu.

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.