Bab 2 A. Mendengarkan

Kamu tentu pernah membaca cerita. Dalam cerita ada tokoh cerita. Tokoh cerita memiliki watak berbeda-beda.
Gurumu membacakan sebuah cerita. Kamu mendengarkandengan baik.

Ayo simak
Kisah si Tukang Makan
Kisah si Tukang Makan
      Hiduplah seorang yang suka makan. Setiap saat hanyalah mengunyah makanan. Tubuhnya menjadi gemuk dan besar. Ia tidak segan mengemis makanan. Begitu mendapatkan uang, langsung membeli makanan. Dalam sekejap makanan habis. Dan sekali lagi ia pun kelaparan. Ia merasa sangat lapar. Ia pun pergi ke hutan. Buah yang terlihat enak langsung dimakan. Ada buah pisang dimakan. Ada buah jeruk dimakan. Demikianlah kerjanya. Ketika menelusuri hutan. Ia bertemu pertapa. Rambutnya putih dan janggutnya panjang.
      Apa yang kamu lakukan di sini. Tanya pertapa itu.
      Aku sedang mencari sesuatu untuk kumakan. Jawabnya.
      Apa saja yang telah kau makan. Tanya pertapa itu lagi.
      Aku memakan apa saja. Jawab si tukang makan.
Kisah si Tukang Makan
    Berhati-hatilah. Di hutan ini ada buah terkutuk. Buahnya selalu tampak menarik untuk dimakan. Apabila manusia memakannya terjadilah sesuatu yang mengerikan. Jelas pertapa.
    Baiklah. Sampai jumpa. Kata si tukang makan.
    Si tukang makan kembali berjalan.  Ia melihat pohon yang berbuah. Menarik untuk dimakan. Ia lupa pada nasihat si pertapa. Ia memakannya dengan lahap.
      Ia selesai menghabiskan semua buah. Ia malah makin merasa lapar. Ia mulai memakan semua yang ada di hadapannya. Pohon, rumput semua dimakan. Setelah lelah ia tertidur di tengah hutan.
      Esok hari tiba. Ia merasa lebih lapar dari sebelumnya. Ia menyadari mengapa begitu lapar. Buah terkutuk itu telah mengubahnya menjadi raksasa. Semua pun terlihat begitu kecil di matanya. Si raksasa tukang makan

pergi ke sebuah desa.
Kisah si Tukang Makan
      Melihat kedatangan raksasa, penduduk desa ketakutan. Raksasa menjadi marah. Ia memakan satu persatu penduduk desa. Semua penduduk desa habis dimakan. Hewan pun dimakan.
     Berita tentang raksasa sampai ke kerajaan. Raja menyuruh prajurit untuk membasmi raksasa. Nama prajurit itu bernama Draco.
      Draco bertemu dengan raksasa. Draco dimakan, tetapi Draco belum mati. Setelah menghimpun tenaga, Draco mengayunkan pedang. Pedang kena usus raksasa. Raksasa kesakitan. Akhirnya raksasa mati.

Sumber: Kompas Anak dengan pengubahan

Aku Siap Jawab

Kamu telah menyimak. Sekarang ayo jawab
1. Siapa yang diceritakan pada cerita tadi.
2. Mengapa si tukang makan pergi ke hutan.
3. Bertemu dengan siapa si tukang makan.
4. Bagaimana sifat si tukang makan.
5. Bagaimana watak Draco.

Kegiatanmu

Berikan komentarmu mengenai tokoh cerita tadi.

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.