Bab 6 C. Membaca

    Kamu telah berlatih bercakap-cakap melalui telepon. Mudah bukan bertelepon itu. Banyak hal lainnya yang dapat disampaikan melalui telepon. Untuk itu banyak-banyaklah membaca. Sehingga pengetahuanmu bertambah luas.
      Kali ini kamu akan  berlatih membaca. Membaca teks bertujuan untuk memahami isinya. Berkonsentrasilah saat membaca. Fokuskan perhatianmu pada setiap kata dalam teks. Catatlah kata-kata yang tidak kamu pahami. Carilah maknanya pada kamus bahasa Indonesia.

Bacalah teks berikut ini dengan seksama.
Bersahabat lebih baik daripada bermusuhan
     Ada teman yang kita sukai. Ada juga yang tidak kita sukai. “Aku sering diledekin sampai telingaku merah. Kalau bisa jangan bertemu dia di sekolah. Kata Dea. Dea tidak menyukai salah satu
temannya.
      Kita mungkin pernah mempunyai masalah serupa. Ada saja teman yang tidak menyenangkan. Dia suka usil dan sedikit nakal. Dia juga gemar menggoda. Kita tidak perlu menjauhinya. Karena mereka sebenarnya bisa dijadikan teman.
      Mungkin kamu pun orang yang suka usil. Kamu suka mengganggu atau menyakiti hati temanmu. Walau semua itu dilakukan dengan tidak sengaja. Mengapa tidak kamu coba untuk rukun. Tidak perlu dipikirkan apakah dia menyenangkan. Ataukah dia menyebalkan.
      Bagaimana caranya supaya kita dapat rukun. Dapat mengubah musuh menjadi sahabat. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan.
1. Selalu berpikir positif. Orang itu pasti ada sisi baiknya. Cobalah mencari kebaikan-kebaikannya. Dengan cara ini kamu bisa memaafkan. Kemudian kamu akan mengerti dia.
2. Mungkin kamu pernah disakiti teman. Tapi jangan pernah diingat kembali. Karena itu adalah penyebab kalian bermusuhan.
3. Semua perlu waktu. Mungkin hari ini dia belum mau menanggapi. Coba lagi niat baikmu lain waktu. Coba dan coba lagi. Jangan menyerah selama kamu tidak menyakitinya.
      Cobalah untuk melakukan hal-hal di atas. Selamat mencoba.
Sumber: Kompas Anak dengan pengubahan

Aku Siap Jawab
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana jika ada teman gemar menggodamu.
2. Bagaimana caranya supaya dapat rukun.
3. Apakah kamu di Sekolah pernah bermusuhan. Jika pernah tulislah dibuku tulis. Kemudian bacakan di depan kelas.


Kegiatanmu
1. Carilah sebuah bacaan. Bacaan harus terdiri atas 150-200 kata.
2. Buatlah ringkasan dari bacaan tersebut.
3. Ajukan pertanyaan pada ringkasan bacaan temanmu.

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.