Bab 9 B. Berbicara

      Berbicara melalui telepon berbeda dengan bicara langsung. Saat bertelepon, kamu tidak dapat melihat temanmu. Begitu juga, tidak dapat melihat mimik temanmu. Kamu hanya dapat mendengarkan suaranya saja.
Berikut adalah percapakan melalui telepon.

Peragakanlah bersama temanmu.

Wati    : Selamat malam. Bisa bicara dengan Dona.
Dona   : Ya saya sendiri. Maaf, ini siapa ya.
Wati    : Aku Wati. Kenapa kamu tidak masuk sekolah tadi.
Dona   : Aku sakit gigi. Tadinya aku mau masuk sekolah. Tapi gigiku yang berlubang sakit lagi.
Wati    : Oh, begitu. Kamu sudah periksa ke dokter.
Dona   : Sudah, tadi ibu mengantarku.
Wati    : Ya sudah, cepat sembuh ya. Mudah-mudahan besok bisa masuk sekolah.
Dona   : Terima kasih Wati.


Aku Siap Jawab
Kamu telah peragakan bersama temanmu. Sekarang, ayo jawab.
1. Siapa saja yang melakukan percakapan tadi.
2. Kenapa Dona tidak masuk sekolah.
3. Apa bedanya bicara langsung dan melalui telepon.

Kegiatanmu
Perhatikanlah gambar berikut. Buatlah kelompok di kelasmu 4 - 5 orang. Buatlah percakapan untuk gambar tersebut. Peragakan hasilnya di depan kelas. Mintalah penilaian dari gurumu.

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.