C. Membaca Dongeng

Membaca Dongeng 
Bacalah teks di bawah ini baik-baik! 
Aladin dan Lampu Wasiat

Aladin tinggal di Irak. Ayahnya sudah tiada. Ibunya seorang penjahit miskin. Aladin adalah anak yang jujur dan berbudi. Suatu hari Aladin melihat Putri Yasmin bertengkar dengan penjual buah. Aladin kemudian menolongnya.
Putri Yasmin kemudian mengajak Aladin jalan-jalan. Pengawal istana diam-diam melihatnya. Pengawal istana kemudian menangkap dan menghukum Aladin. Aladin dipersalahkan karena telah berani berjalan-jalan dengan Sang Putri.
Di dalam penjara, Aladin bertemu Jafar, penasehat Sultan. Jafar memerlukan anak yang jujur.
”Anak seperti ini yang bisa memasuki gua ajaib,” pikir Jafar.
Jafar lalu menyuruh Aladin memasuki gua ajaib ”Hah apa ini?” seru Aladin setelah melihat isi gua .
“Ambil semua emas dan berlian!”seru Jafar.
“ Akan tetapi, lampu itu untuk aku!” seru Jafar lagi.
Aladin mengambil semua emas dan berlian.
Akan tetapi, ketika Aladin menyentuh lampu, keluarlah asap tebal.
Terdengar pula suara desis yang menggema ke seluruh gua.
Tidak lama kemudian, asap tadi berubah menjadi jin.
Jin itu pun berkata, ”Aku laksanakan semua perintah Tuan!”
Aladin pun akhirnya tahu bahwa dia ditipu Jafar.
Jafar ingin mengawini Putri Yasmin. Akhirnya, Aladin minta kepada jin agar membawanya pulang.
Di istana, Sultan Harun gelisah. Putri Yasmin tidak mau menikah dengan Jafar.
Aladin yang sudah jatuh cinta kepada Sang Putri, segera melamarnya.
Jin membantu Aladin. Jin mengubah Aladin menjadi seorang pangeran yang gagah. Aladin lalu menghadap Sultan. Putri Yasmin menyambut gembira.
 (Dikutip dari Aladin dan Lampu Wasiat, Gramedia 1993)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! 
a. Sebutkan pelaku-pelaku dongeng di atas!
b. Bagaimanakah watak Aladin?
c. Siapakah Jafar itu?
d. Di manakah Aladin menemukan emas dan berlian?
e. Siapakah yang membantu Aladin sehingga dia menjadi kaya?

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.