C. Menceritakan Pengalaman

C.Menceritakan Pengalaman

Kalian tentu pernah pergi ke tempat-tempat umum, bukan? Misalnya ke pasar malam, pasar swalayan, terminal, stasiun, kolam renang, atau kebun binatang. Pergi ke tempat umum menjadi pengalaman berharga bagi kalian.
Bacalah wacana tentang pengalaman sehari-hari di bawah ini!

Pergi ke Kebun Binatang

Pada hari Minggu yang lalu aku dan adikku diajak oleh ayah dan ibu pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta. Pagi-pagi sekali kami berangkat dari rumah agar sampai di tempat tujuan tidak terlalu siang.
Setelah melakukan perjalanan selama dua jam dari Kota Solo tempat tinggalku, sampailah kami di Kebun Binatang Gembira Loka. Aku senang sekali. Baru kali ini aku pergi ke kebun binatang. Dari kejauhan kami melihat banyak pengunjung yang sedang antre  di pintu masuk.
Kebun BinatangKebun binatang adalah salah satu tempat umum. Tempat wisata yang  banyak digemari. Di kebun binatang kita dapat melihat beraneka ragam binatang. Baik binatang buas, binatang bertubuh besar maupun kecil.
Di kebun binatang, semua binatang dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Binatang-binatang ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang hidup di air seperti buaya dan kuda nil ditempatkan di kolam-kolam besar. Binatang buas dibuatkan kandang yang kuat. Burung dibuatkan tempat khusus, berupa sangkar-sangkar yang luas.
Pada hari minggu atau hari libur, kebun binatang ramai dikunjungi wisatawan. Mereka senang ke kebun bintang karena bisa bersantai sambil melihat-lihat binatang, mendengar kicau burung, dan menikmati tumbuhan hijau yang ada di kebun binatang. Selain sebagai tempat wisata, kebun binatang juga sering digunakan untuk penelitian.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
a.Apa judul wacana di atas?
b.Sebutkan contoh binatang buas!
c.Kapan biasanya kebun binatang ramai dikunjungi orang?
d.Apa saja manfaat kebun binatang?
e.Mengapa orang senang ke kebun binatang?
Kegiatan 1.3
Coba ceritakan kembali pengalamanmu pergi ke tempat umum!
Pilih salah satu yang menurut kalian paling mengesankan.

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.