D. Mendengarkan

D. Mendengarkan
1.Menceritakan kegiatan sehari-hari.
Tunjukkan seorang teman untuk membacakan cerita berikut!
Dengarkan baik-baik!
Berlibur ke Pantai 
Berlibur ke Pantai
Waktu itu hari Minggu bulan Juni 2007, aku bersama keluarga dan saudara- saudaraku berlibur ke Pantai Parangtritis. Kami menyewa bus kecil yang memuat kira- kira 30 sampai 40 orang. Kami berangkat dari rumah pukul 07.00 pagi.
Perjalanan sangat menyenangkan, kita saling bercanda. Setelah 3 jam perjalanan sampailah kami di Pantai Parangtritis. Aku langsung terpesona ketika melihat deburan ombak yang berkejar-kejaran. Aku, Ajeng, Arif, dan Anti langsung berlari mengejar ombak itu. Akan tetapi kami tidak berlari ke tengah karena takut terbawa ombak.
Kami berempat juga bermain pasir. Aku membuat istana pasir, Arif membuat patung, dan Anti membuat candi. Teman-teman lain membuat bermacam-macam benda, misalnya: vas bunga, bak mandi, kolam renang, dan lain-lainnya. Setelah karya kami selesai, tiba-tiba ombak bergulung menyapunya hingga hancurlah semuanya dan kamipun basah kuyup karenanya.
Walaupun kami kecewa dengan kejadian itu namun tetap senang karena kami tidak terbawa ombak yang kadang besar. Kami foto bersama di pinggir pantai dengan latar belakang ombak yang bergulung-gulung. Sungguh sangat senang hatiku.
Kami juga membeli mainan dari kerang-kerangan dan balon dari sabun. Waktu telah siang. Kami istirahat sesaat, makan siang di situ.
Saat menjelang sore hari semua keluarga bersiap-siap untuk pulang. Tidak lupa kami membeli buah tangan untuk tetangga sekitar kami. Keluargaku membeli cumi goreng, keluarga Arif membeli ikan laut goreng, dan keluarga lain membeli undur-undur goreng, udang goreng, juga keripik udang yang sangat lezat. Kita semua dapat menikmati hasil laut tangkapan nelayan yang dapat langsung dimasak di situ. Liburan kali ini begitu berkesan. Suatu saat, bila ada kesempatan aku ingin ke sana lagi.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! 
a.Bagaimana kesan pengalaman berlibur pada cerita di atas?
b.Siapa saja yang diceritakan sebagai pelaku di atas? Sebutkan! 
c.Di mana letak Pantai Parangtritis?
d.Sebutkan 5 hasil laut tangkapan nelayan!
e.Selain bermain dengan ombak, Ihsan, Arif, Anti, Ajeng dapat bermain apa? Jelaskan!

Kegiatan 6.5 
Ceritakanlah pengalamanmu waktu liburan!
Tulislah dalam buku tugas!

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.