Idul Adha di SDI Nida El-Adabi

Idul Adha disebut dengan hari raya kurban yaitu suatu peristiwa pada zaman Nabi Ibrahim AS, ketika diperintahkan oleh Alloh SWT untuk mengorban anaknya yaitu Nabi Ismail AS kemudian diganti dengan domba atau gibas.

Idul Adha ini diperingati setiap tanggal 10 dzulhijah dan pemotongan hewan qurban dilakukan dari mulai 11, 12 dan 13 pada bulan dzulhijah dan disebut dengan hari Tasyrik.

Sebagai bentuk pembelajaran mengenai peristiwa qurban ini, di sekolah SDI nida el-adabi setiap tahun mengadakan pemotongan hewan qurban yang biaya untuk pembelian kambingnya di dapat dari iuran siswa dan siswi dan ini merupakan sebagai bentuk pembelajaran saja bagi siswa/i tersebut.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim.

Meski waktu pelaksanaan penyembelihan kurban dibatasi (10-13 Dzulhijjah), namun jangan dipahami bahwa Islam membatasi solidaritas kemanusiaan. Kita harus mampu menangkap makna esensial dari pesan yang disampaikan teks, bukan memahami teks secara literal. Oleh karenanya, semangat untuk terus ’berkurban’ senantiasa kita langgengkan pasca Idul Adha.

Saat ini kerap kita jumpai, banyak kaum muslimin yang hanya berlomba meningkatkan kualitas kesalehan ritual tanpa diimbangi dengan kesalehan sosial. Banyak umat Islam yang hanya rajin shalat, puasa bahkan mampu ibadah haji berkali-kali, namun tidak peduli dengan masyarakat sekitarnya. Sebuah fenomena yang menyedihkan. Mari kita jadikan Idul Adha sebagai momentum untuk meningkatkan dua kesalehan sekaligus yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Selamat berhari raya !

dari berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.