Materi Soal Ujian Nasional SMA dan Sederajat Tahun 2013, Akan Berubah

perubahan soal UN tahun 2013

Berita dari dunia pendidikan dalam negeri mengabarkan bahwa materi soal ujian nasional 2013 tingkat SMA/MA/SMK akan dirubah oleh diknas sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengintegrasikan hasil ujian nasional dengan seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur undangan.

Soal-soal ujian nasional 2013 nantinya akan dibuat untuk mengukur prestasi siswa sekaligus dapat mengukur potensi siswa di perguruan tinggi.

Djemari Mardapi, anggota BSNP mengatakan,

”Pemerintah dan BSNP akan segera mengadakan rapat terkait dengan pembahasan integrasi UN SMA/MA/SMK dengan seleksi perguruan tinggi. Kemungkinan ada perubahan soal UN yang sekaligus bisa untuk seleksi PTN,” katanya di Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Djemari menambahkan bahwa rencana tersebut masih menimbulkan pro dan kontra. Alasannya karena adanya perbedaan tujuan dari kedua test tersebut yang tidak bisa disejajarkan. Ujian Nasional itu untuk mengukur prestasi belajar siswa di sekolah, sedangkan seleksi PTN untuk mengukur potensi akademi calon mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.

”Kami sedang mencoba untuk mengintegrasikan kebutuhan mengevaluasi prestasi dan prediksi lewat pelaksanaan UN,” Ungkap Djemari.

Pihak BSNP sendiri akan mengusahakan untuk mengintegrasikan soal ujian nasional 2013 dengan tes seleksi masuk PTN. Jika hal ini terwujud, anggaran pelaksanaan UN dan seleksi masuk PTN dapat lebih diminimalisir.

Sementara itu, Muhammad Nuh selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, pemanfaatan hasil UN SMA/MA/SMK untuk masuk PT, khususnya PTN, harus dilaksanakan. Karena selama ini hasil UN SMA sederajat belum sepenuhnya diakui PTN karena dinilai belum valid akibat tingginya dugaan kecurangan.

”Kalau integrasi hasil UN ke seleksi masuk PTN terlaksana, beban siswa berkurang. Tidak hanya meringankan biaya, tetapi siswa tidak stres karena konsentrasi di UN sudah bisa dipakai untuk seleksi di PTN,” ujar Nuh.

Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, Idrus Paturusi mengatakan, wacana pengintegrasian hasil UN untuk seleksi PTN mulai diterima kalangan PTN. Namun, format soal ujian nasional 2013 tersebut masih membutuhkan pembahasan yang seksama.

”Bisa jadi dengan bobot persentase nilai UN dan nilai rapor,” kata Idrus, yang juga Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kecurangan UN

Terkait dengan meningkatnya dugaan kecurangan dalam pelaksanaan UN, Nuh memaparkan, pemerintah akan terus berupaya untuk meminimalisir hal itu pada pelaksanaan UN tahun 2013. Salah satu caranya adalah dengan membuat soal dalam 20 variasi atau lebih.

Dikabarkan juga bahwa pemerintah berencana untuk menaikkan standar minimal kelulusan UN tahun 2013. Apalagi, kelulusan UN sudah mencapai 99 % lebih.

Apapun hasilnya nanti, semoga pelaksanaan Ujian Nasional 2013 nanti dapat berjalan sesuai dengan tujuannya. Dan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional harus bisa dikurangi bahkan di tiadakan.

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.