Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD - Bab 9 Yeti Nurhayati


Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD

A.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.


1. Rudi : (mengernyitkan dahi) Har, Budi kemana ya. Sudah 2 hari tidak masuk sekolah.
    Hari :  (menggelengkan kepala) Aku tidak tahu. Seharusnya kamu yang tahu. Kamu kan ketua kelas.
Perasaan yang tergambar pada Rudi adalah ....
a. Bingung
b. Cemas
c. Kaget

2. Ibu Budi : Badan Budi demam dan panas. Kata Budi dia kehujanan. 
                    Saya tidak tahu karena saya harus berjualan.
    Guru      :  Kenapa ibu tidak memberi kabar kepada kami
                    Orang yang diperbincangkan adalah ....
a. Guru
b. Budi
c. Ibu Budi

3. Budi : Halo, bisa bicara dengan, Roy. Aku Budi.
    Roy  : Oh, kamu Bud. Apa kabar.
    Budi : ...............................
     Kalimat untuk melengkapi percakapan tersebut adalah ...
a. Kabarku baik-baik saja
b. Aku tidak masalah
c. Bagaimana dengan kamu

4. Nama lain dari penyakit flu burung adalah ...
a. Avian Influenza
b. Flu pilek
c. Flu hidung


5. Tips-tips agar mahir menulis di antaranya, kecuali ...
a. Membiasakan diri menulis rapi
b. Berlatih tanpa mengenal putus asa
c. Meniru tulisan teman

B.  Jawablah pertanyaan berikut dengan benar.
1. Apa yang harus diperhatikan dalam menirukan dialog.
2. Apa yang harus dilakukan saat menerima telepon.
3. Usia berapakah yang mudah terkena flu burung. Jelaskan.
4. Apa yang diceritakan dalam drama menjenguk Budi.
5. Mengapa gambar dapat dijadikan sebuah karangan.

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.