Soal Olimpiade Matematika SD dan Kunci Jawaban

soal dan kunci jawaban olimpiade matematika SD
Berikut ini adalah soal dan pembahasan olimpiade matematika SD. Semoga bermanfaat bagi para siswa-siswi SD yang akan mengikuti olimpiade matematika. Untuk mendapatkan juara dalam olimpiade matematika memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun, pada akhirnya usaha dan belajar keras adalah faktor kesuksesan paling utama untuk menjadi juara olimpiade matematika SD. Silahkan adik-adik siswa Sekolah Dasar untuk mengerjakan soal olimpiade matematika SD dan kunci jawaban dibawah ini.


1. Rika akan membuat semua rusuk balok dari seutas kawat yang panjangnya tidak diketahui. Panjang, lebar, dan tinggi balok tersebut memenuhi perbandingan 3:2:1. Diketahui bahwa panjang balok adalah 1,5 m. Berapa panjang kawat semula jika ternyata setelah selesai, panjang kawat yang tersisa adalah 0,5 m ?

2. Tom dapat memakan 3 kue dalam 2 menit, sedangkan Jerry dapat memakan 2 kue dalam 3 menit. Berapa kue yang dapat mereka makan secara bersama-sama dalam setengah jam ?

3. Terdapat 2 buah pensil dan 3 buah ballpoint yang akan diberikan kepada 5 orang siswa: A, B, C, D dan E yang masing-masing tepat akan mendapatkan 1 buah alat tulis. Jika diketahui A dan B mendapatkan alat tulis yang sama, B dan D mendapatkan alat tulis yang berbeda,  D dan E mendapatkan alat tulis yang berbeda, siapakah yang mendapatkan pensil ?

Jawaban:
1. 12,5 cm
2. 65
3. C dan D

sumber : http://soalmatematika.com/kumpulan-soal-olimpiade-sd

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.