A. Mendengarkan peristiwa gejala alam sederhana

A. Mendengarkan peristiwa gejala alam sederhana


Pada pelajaran kali ini kalian akan diajak oleh guru untuk mengingat kembali peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan gejala alam.
Kita tentu selalu ingat akan kekuasaan Tuhan, bukan? Sungguh tiada yang mampu menandingi kuasa-Nya. Kita sebagai manusia biasa harus percaya dan bertakwa kepada Tuhan agar kita dapat hidup bahagia di dunia ini dan di akhirat kelak.
Dengarkan dengan seksama cerita pengalaman teman kalian berikut ini! Cerita berikut ini merupakan kejadian nyata (fakta).
Namaku Ina, umurku kurang lebih 9 tahun. Aku tinggal di Pedan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Aku akan menceritakan kejadian nyata yang aku alami beberapa waktu yang lalu.
Waktu itu hari Sabtu pagi, tanggal 27 Mei tahun 2006 kira-kira pukul 07.00 pagi. Seisi rumahku, bapak, ibu, kakek, dan aku dikejutkan adanya gempa. ”Lindu! Lindu!” begitu orang-orang berteriak. Rumahku beserta seisinya seperti digoyang-goyang, seakan-akan menaiki jembatan goyang. Aku langsung berlari menuju ke ibuku. Dengan berlarian sempoyongan kupanggil Ibu. ”Ibu…! Ibu…! Ibu…!” Ibu langsung memegangku dan menyuruh agar aku berdoa meminta maaf kepada Tuhan. ”Ayo berdoa minta maaf pada Tuhan! Ayo…!”
Selang beberapa menit kemudian keadaan telah kembali normal. Kejadian itu ternyata hanya sebagian kecil dari gempa bumi yang terjadi di Klaten. Tetangga di sekitar Pedan banyak yang mengalami peristiwa ini, bahkan sampai dahsyat sekali. Terbukti banyak sekali rumah yang retak, bahkan roboh, runtuh, dan hancur berkeping-keping. Namun itu semua terjadi hanya beberapa menit saja. Itulah kekuasaan Tuhan yang diperlihatkan melalui gejala alam.
Mendengarkan peristiwa gejala alam sederhana
Setelah orang-orang mulai tenang, mereka melihat berita yang ditayangkan di televisi. Ternyata saudara-saudara kita yang tinggal di Yogyakarta menerima bencana itu lebih parah dan sangat memprihatinkan. Itulah sebagian kecil kejadian nyata yang terjadi di sekitar kita.






Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Apakah yang diceritakan Ina itu termasuk gejala alam? Jelaskan!
2. Apakah terjadinya hujan juga termasuk gejala alam? Jelaskan!
3. Di mana tempat tinggal Ina?
4. Ina disuruh berdoa oleh siapa?
5. Mengapa kita selalu menerima bencana ?

Lengkapilah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi benar!
1. Waktu terjadi gempa bumi Ina berusia ….
2. Gejala gempa di Pedan terjadi pukul ….
3. Banyak rumah yang retak, roboh, runtuh, bahkan hancur ….
4. Gempa yang terparah diderita saudara-saudara kita di ….
5. Cerita fakta adalah cerita yang ….
Selain gempa bumi, banyak sekali gejala alam yang terjadi di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa gejala alam yang pernah terjadi di Indonesia.


Disapu Puting Beliung, Ratusan Rumah di Tasikmalaya Rusak
Sedikitnya 200 rumah milik warga di tujuh desa di Kabupaten Tasikmalaya rusak setelah disapu puting beliung yang melanda kawasan itu akhir pekan lalu.
Ketujuh desa yang dilanda bencana alam tersebut adalah Desa Sariwangi, Sukaraharja, Jayaratu, Linggasirna, Sirnasari, Sukamulya, dan Jayapura yang terletak di Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya.
Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian pada hari Minggu (4/2) menyebutkan bahwa dampak dari puting beliung dan hujan deras tidak hanya memorak-porandakan ratusan unit rumah warga, tetapi juga memutuskan jaringan listrik dan telepon.
Camat Sariwangi, Drs. Maman Suparman, dalam laporannya kepada Pemkab Tasikmalaya pada Sabtu (3/2) malam menyebutkan sekitar 200 rumah warga mengalami kerusakan, baik itu rusak berat maupun rusak ringan …..

(Diambil dari Harian Solopos, 5 Februari 2007)



Bencana Longsor Ancam Jember
Bencana tanah longsor masih menjadi ancaman bagi warga Jember, Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Panti, Sukorambi, dan Arjasa karena retakan tanah di sekitar Sungai Kalijompo, yakni di daerah perkebunan kopi dan karet di Desa Karangpring, Sukorambi, belum diatasi.
Apalagi saat ini curah hujan di Jember dan sekitarnya cukup tinggi, sehingga mereka khawatir akan terjadi longsor susulan seperti awal tahun 2006 lalu. Demikian hasil pantauan wartawan di Jember, Minggu (4/2).
Sugito, warga Desa Karangpring, Sukorambi mengatakan bahwa setiap turun hujan sejumlah warga mulai resah bila sewaktu-waktu terjadi longsor…..

(Diambil dari Harian Solopos, 5 Februari 2007)

Kalian telah mengetahui beberapa gejala alam yang pernah terjadi di sekitar kita. Semua gejala alam tersebut terjadi karena kehendak Tuhan. Oleh karena itu, kita harus bertakwa kepada Tuhan. 
Kita harus banyak belajar dari kejadian-kejadian yang pernah terjadi. Kita juga harus dapat mengambil hikmah (pelajaran berharga) dari semua kejadian, baik kejadian yang menyenangkan maupun menyedihkan.

Kegiatan 8.1

Kalian tentu mempunyai pengalaman, bukan? Pengalaman adalah kejadian nyata yang kita alami, baik menyenangkan, menyedihkan, ataupun menggelikan.
Coba Kalian ceritakan di depan kelas mengenai kejadian yang pernah Kalian alami di lingkungan sekitar!


0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.