Contoh Pidato Upacara

Buku Bahasa Indonesia kelas 6 SD 
Penulis : Nuny Sulistiany Idris
             Tuti Tresnawati

Contoh Pidato Upacara
Contoh Pidato Upacara

Contoh Pidato Upacara
     Ketika mendengarkan sebuah pidato, kamu dapat menilai dengan cepat pidato tersebut menarik atau tidak. Keahlian berpidato sangat ditentukan oleh kemampuanmu berbicara di depan orang banyak. Bagi yang terbiasa, ia akan lancar berpidato. Bagi yang tidak terbiasa, kamu dapat menyusun sebuah naskah pidato dahulu.

     Naskah pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu:
1. pembukaan
2. isi
3. penutup
     Sebelum menyusun naskah pidato, kamu harus mengetahui siapa saja yang hadir dalam acara tersebut dan tujuan penyelenggaraan acara. Setelah itu, buatlah sebuah kerangka naskah pidato.
     Berikut ini contoh kerangkan sebuah naskah pidato.
1.    Pembuka (ucapan syukur)
2.    Isi yang meliputi:
       a. tujuan acara;
       b. kesan selama bersekolah;
       c. ucapan terimakasih kepada orangtua dan para guru;
      d.  harapan setelah lulus sekolah.
3.    Penutup (ucapan selamat tinggal)
     Dari kerangka naskah pidato tersebut, kamu dapat membuat naskah pidato seperti berikut.
   
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang semuanya,
Bapak Kepala Sekolah Merdeka 45 yang saya hormati,
Bapak dan Ibu guru Sekolah Merdeka 45 yang saya hormati,
Para orang tua murid Kelas VI yang saya hormati,
Teman-temanku yang kucintai,

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam kesempatan ini.
Hari ini, kita semua berkumpul untuk merayakan syukuran kelulusan siswa-siswa Kelas VI tahun ajaran 2007/2008. Perkenankanlah saya, selaku perwakilan dari siswa-siswa Kelas VI, mengucapkan terima kasih untuk orang tua kami tercinta. Dengan kasih dan sayang mereka, kami semua dapat meraih kelulusan. Terima kasih pula guru-guru kami tercinta di SD Merdeka 45. 
Dengan ilmu yang bapak dan ibu guru ajarkan, kami dapat meraih kelulusan. Semua pembelajaran dan nasihat yang didapatkan selama bersekolah di sini akan kami ingat selalu. Perkenankan pula, kami mengucapkan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama kami bersekolah di sini. 

Teman-temanku, 
Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat. Sudah enam tahun kita semua menimba ilmu di sekolah tercinta ini. Ingatkah kita, ketika pertama kali bersekolah di sini kita tidak dapat membaca. Dengan kasih dan bimbingan guru-gurulah, kita semua menjadi pintar. Banyak sekali ilmu yang kita dapatkan. Banyak sekali cerita pertemanan dan persahabatan selama kita bersekolah di sini. Semuanya itu adalah pembelajaran yang berharga bagi kita.
Setelah kelulusan ini, kita semua mungkin akan berpisah. Semua peristiwa yang pernah kita alami selama ini, akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini. Teman, selamat merayakan hari kelulusan. Raihlah cita-cita kita.  Gapailah cita-cita itu. Janganlah kita lupakan semua yang pernah kita alami selama bersekolah di sini.

Akhir kata saya ingin ucapkan terima kasih bagi panitia penyelenggara acara ini. Kami akan selalu menyimpan kenangan sekolah ini dalam hati kami.
Sekian dari saya,
Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Download komplit Buku Bahasa Indonesia SD Kelas 6 - Nuny Sulistiany Idris, Tuti Tresnawati

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.