Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui  Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.Untuk mendowload Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di dowload melalui Link dibawah ini : 
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut: 
A. KISI-KISI AQIDAH AKHLAK UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH 
No  |   Standar Kompetensi Lulusan  |   Indikator  |  
1  |   Mengenal dan meyakini rukun iman   dari iman kepada Allah sampai dengan iman kepada Qada dan Qadar melalui   pembiasaan dalam mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah,   pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terhadap rukun iman dan al-asma’   al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan   adab Islami serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari.  |   Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam) ·           Menyebutkan nama kitab dan   nabi penerimanya ·           Mengidentifikasi keuntungan   berakhlak terpuji ·           Mengidentifikasi sikap   Masyithah ketika akan menghadapi hukuman dari Fir’aun ·           Mengidentifikasi contoh   akhlak tercela Tsa’labah ·           Menyebutkan waktu yang tepat   untuk mengucapkan kalimat thayyibah salam ·           Menyebutkan perilaku orang yang   mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (as-   Salaam, al-Mukmin, dan al-   Latiif) ·           Menyebutkan tugas seorang   rasul ·           Menyebutkan cara meneladani   sifat wajib bagi rasul ·           Mengidentifikasi akhlak   terpuji dari rasul yang termasuk dalam Ulul   Azmi ·           Menunjukkan cara menghindari   sifat munafik ·           Menyebutkan waktu mengucapkan   kalimat thayyibah ·           Menyebutkan perilaku orang   yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Wahhaab,ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni) ·           Menyebutkan nama-nama lain   hari kiamat ·           Menyebutkan tanda-tanda   kiamat ·           Menjelaskan sifat terpuji   (qanaah, optimis dan tawakkal) ·           Menyebutkan adab ketika   berada di tempat ibadah atau tempat umum ·           Menyebutkan ciri akhlak   tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa) ·           Menyebutkan lafadz kalimat   thayibah tarji’ ·           Menyebutkan makna al-asma’   al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) ·           Menyebutkan perilaku orang   yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) ·           Menyebutkan keuntungan   memiliki akhlak terpuji (teguh pendirian dan dermawan) ·           Menyebutkan perilaku orang   yang berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat ·           Menyebutkan akhlak yang tidak   perlu diteladani dari kisah Qarun ·           Menyebutkan arti kalimat   thayyibah istighfar ·           Menyebutkan keuntungan   membiasakan mengucapkan kalimat thayyibah istighfar ·           Menunjukkan bukti bahwa Allah   swt. bersifat sesuai dengan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) ·           Menyebutkan perilaku orang   yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) ·           Menyebutkan pengertian takdir   Allah swt. ·           Menyebutkan hikmah beriman   kepada takdir Allah swt. ·           Menunjukkan sikap yang tepat   ketika menghadapi takdir Allah swt. ·           Memberi contoh takdir Allah   swt. ·           Mengidentifikasi salah satu   contoh perilaku akhlak terpuji ·           Menyebutkan istilah akhlak   terpuji (tanggung jawab, adil, dan bijaksana) dalam agama Islam ·           Memberi contoh akhlak terpuji ·           Menyebutkan tanda-tanda   akhlak tercela ·           Menyebutkan salah satu contoh   dari akhlak tercela ·           Menyebutkan salah satu contoh   perbuatan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi murtad ·           Mengidentifikasi kerugian   mempunyai sifat marah ·           Menyebutkan jumlah minimal   istihgfar yang dibaca Nabi Muhammad saw. dalam sehari semalam ·           Menyebutkan pengertian taubat ·           Menyebutkan perilaku orang   yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) ·           Menyebutkan sifat sabar dan   taubat dari kisah Nabi Ayub as. dan kisah Nabi Adam as. ·           Terbiasa berakhlak baik   terhadap binatang dan tumbuhan  |  
B. Kisi-Kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs) 
No  |   Standar Kompetensi Lulusan  |   Indikator  |  
1  |   Memahami dasar dan tujuan akidah Islam  |   ·           Menentukan   kedudukan salah satu dasar akidah Islam  ·           Menunjukkan manfaat mempelajari akidah Islam   |  
2  |   Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman   sifat-sifat-Nya, dan menerapkan akhlak terpuji kepada Allah  |   ·           Menunjukkan   dalil tentang sifat Allah yang terkandung di dalam ayat Al-Qur’an  ·           Menunjukkan   bukti bahwa Allah memiliki sifat wajib bagi Allah SWT  ·           Menunjukkan arti sifat wajib bagi Allah  ·           Menunjukkan lawan kata sifat wajib Allah  ·           Menunjukkan   bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat   |  
3  |   Memahami al-Asma al-Husna, dan Meningkatkan   keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat  |   ·           Menyebutkan nama Allah   berdasarkan peristiwa yang terjadi ·           Menunjukkan bahwa Allah   bersifat al-‘Aziiz, al-Ghaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Ra`uf, al-Barr, al-Ghaffar,   al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyuum) ·           Menunjukkan bukti adanya   malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan ·           Menunjukkan tugas-tugas para   malaikat Allah SWT ·           Menunjukkan perilaku orang   yang meneladani sifat malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis,   dan setan  |  
4  |   Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah   SWT  |   ·           Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq ·           Menunjukkan contoh perbuatan riya dan nifaaq  |  
5  |   Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah   SWT  |   
  |  
6  |   Menerapkan akhlak terpuji kepada diri   sendiri,dan menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri  |   
  |  
7  |   Meningkatkan keimanan kepada rasul Allah, dan Memahami mu’jizat   dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)  |   
  |  
8  |   Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama dan menghindari   akhlak tercela kepada sesama  |   
  |  
9  |   Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam ghaib yang   masih berhubungan dengan hari akhir, dan menerapkan akhlak terpuji kepada   diri sendiri  |   
  |  
10  |   Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar serta   menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja  |   
 ·           Menunjukkan contoh perilaku akhlak tercela   dalam pergaulan remaja  |  
C. Kisi-Kisi Soal Aqidah AkhlakUAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
No  |   Standar Kompetensi Lulusan  |   Indikator  |  
1  |   Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas   aqidah  |   
  |  
2  |   Memahami pengertian dan istilah-istilah tauhid,   macam-macam tauhid serta perilaku orang yang bertauhid  |   
  |  
3  |   Memahami pengertian syirik, macam-macam syirik   dan perilaku orang yang berbuat syirik  |   
  |  
4  |   Memahami pengertian akhlak dan ciri akhlak   Islami  |   
  |  
5  |   Memahami dan meningkatkan keimanan kepada Allah   melalui sifat-sifat Allah dan Asmaul Husna serta meneladani sifat Allah  |   
  |  
6  |   Membiasakan perilaku terpuji (husnuzan dan   tobat)  |   ·           Menentukan pengertian   husnuzan. ·           Menentukan pengertian tobat  |  
7  |   Menghindari perilaku tercela: riya, zalim dan   diskriminasi  |   
  |  
8  |   Memahami pengertian ilmu kalam  |   
  |  
9  |   Memahami aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij,   Syiah, Al-Asyariyah, Mu’tazilah, dan tokoh-tokohnya) serta teologi   transformatif dan teologi pembebasan.  |   
  |  
10  |   Membiasakan perilaku terpuji (akhlak   berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu)  |   
 ·           Menentukan kandungan QS. An-Nur : 27.  |  
11  |   Membiasakan perilaku terpuji (akhlak   berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu)  |   
  |  
12  |   Menghindari perilaku tercela (mabuk-mabukan,   berjudi, berzina, dan narkoba)  |   
  |  
13  |   Memahami pengertian tasawuf, asal-usul tasawuf,   karakteristik tasawuf dan maqomat tasawuf  |   
 
  |  
13  |   Membiasakan perilaku terpuji (Adil dan Ridha)  |   
  |  
14  |   Menghindari perilaku tercela (israf dan tabzir)  |   
  |  
 Untuk mendapat Kisi-Kisi Soal Al-Qur’an-Hadis, Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih, Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN)  MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Melalui Link Dibawah INI : 
Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya : 
0 komentar:
Posting Komentar