Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui  Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.Untuk mendowload Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di dowload melalui Link dibawah ini : 
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut: 
A. KISI-KISI SKI UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH 
|    No  |      Standar Kompetensi Lulusan  |      Indikator  |  
|    1  |      Mengenal, mengidentifikasi,   meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra- Islam.    |      ·           Menentukan   kebiasaan masyarakat Arab pra Islam.  ·           Menentukan   kepercayaan masyarakat Arab pra Islam.   |  
|    2  |      Mengenal, mengidentifikasi,   meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Rasulullah SAW   |      ·           Menentukan   kejadian luar biasa yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW.  ·           Menentukan gelar Nabi Muhammad SAW pada  peristiwa peletakan   hajar Aswad.  ·           Menentukan usia   Nabi Muhammad SAW ketika menikah.  ·           Menentukan masa   Nabi Muhammad SAW menerima wahyu.  ·           Menentukan   salah satu sebutan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW ·           Menyebutkan   golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam.  ·           Menyebutkan   tempat yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan dakwah secara   sembunyi-sembunyi.  ·           Menentukan dasar perintah berda’wah.  ·           Menyebutkan   nama paman Nabi Muhammad SAW yang menentang da’wah Nabi Muhammad SAW.  ·           Mengidentifikasi   sifat yang wajib dimiliki oleh para Nabi dan Rasul,  ·           Menentukan   pengertian Isra’ atau Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.  ·           Menyebutkan   hikmah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.  ·           Menyebutkansahabat   yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsy.  ·           Menyebutkan   hikmah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah.  ·           Menyebutkan   nama sahabat yang menemani Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah ·           Menyebutkan   nama tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum kafir quraisy.  ·           Menyebutkan   upaya pertama yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika sampai di Madinah.  ·           Menyebutkan   cara Nabi Muhammad SAW dalam membina kerukunan masyarakat Madinah.  ·           Menentukan   peraturan yang berisi tentang prinsip-prinsip persamaan, persaudaraan, dan   perdamaian di Madinah.  ·           Menentukan   keadaan sosial kota Madinah sebelum Islam.  ·           Menentukan   fungsi lembaga/bangunan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah ·           Menjelaskan   terjadinya perang yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.  ·           Menjelaskan peristiwa Fathu Makkah ·           Menentukan   sahabat Nabi Muhammad SAW yang gugur pada peristiwa fathu Makkah.  ·           Menentukan   wahyu yang turun saat akhir kenabian Nabi Muhammad SAW.  ·           Menentukan   waktu wafatnya Nabi Muhammad SAW.   |  
|    3  |      Mengenal, mengidentifikasi,   meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah khulafaurrasyidin   |     
  |  
|    4  |      Mengenal, mengidentifikasi,   meneladani, dan mengambil ibrah dari perjuangan tokoh-tokoh agama   Islam di daerah masing-masing.   |     
  |  
B. Kisi-Kisi SKI UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs) 
|    No  |      Standar Kompetensi Lulusan  |      Indikator  |  
|    1  |      Memahami sejarah kebudayaan   Islam.   |      ·           Menjelaskan   pengertian sejarah kebudayaan Islam  ·           Mengidentifikasi   bentuk/wujud kebudayaan Islam   |  
|    2  |      Memahami Sejarah Nabi   Muhammad SAW Periode Mekah.   |      ·           Menjelaskan   kondisi masyarakat Arab Pra Islam.  ·           Menjelaskan   misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Mekah.   |  
|    3  |      Memahami sejarah Nabi   Muhammad SAW Periode Madinah.   |      ·           Mendeskripsikan   misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Madinah.   |  
|    4  |      Memahami sejarah perkembangan   Islam Pada Masa Khulafaurasyidin.   |      ·           Mengidentifikasi   berbagai prestasi yang dicapaioleh Khulafaurrasyidin.   |  
|    5  |      Memahami Perkembangan Islam   Pada Masa Bani Umayyah.   |      ·           Menceritakan   sejarah berdirinya Dinasti Umayyah.  ·           Mengidentifikasi   nama-nama lembaga pemerintahan  padamasa   DinastiUmayyah.  ·           Mengidentifikasi   tokoh ilmuwan muslim pada masa Dinasti Umayyah.  ·           Mengidentifikasi   khalifah yang mengantarkan  ·           DinastiUmayyah mencapa   imasa kejayaan.  ·              |  
|    6  |      Memahami perkembangan Islam   pada masa Dinasti Abasiyah   |      ·           Menceritakan   proses berdirinya Dinasti Abasiyah.  ·           Mengidentifikasi   tokoh-tokoh pendiri Dinasti Abasiyah.  ·           Mendeskripsikan   berbagai kemajuan-kemajuan kebudayaanIslam pada masa Dinasti Abasiyah  ·           Mengidentifikasitokoh   ilmuwan muslim bidang filsafat padamasaDinasti Abbasiyah.  ·           Mengidentifikasitokoh-tokoh   ilmukedokteran padamasa Dinasti Abasiyah.  ·           Mengidentifikasitokoh   ilmufiqihpada masaDinastiAbasiyah  ·           Mengidentifikasi   tokoh ilmu tafsir pada masa Dinasti Abasiyah.   |  
|    7  |      Memahami perkembangan Islam   Pada Masa Dinasti Ayyubiyah.   |      ·           Menceritakan   biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah.  ·           Menjelaskan   sejarah berdirinya Dinasti al- al-Ayyubiyah  ·           Mengidentifikasi   prestasi Salahudinal-Ayyubi bagi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti   Ayyubiyah  ·           Menyebutkan   salah satu usaha yang telah dilakukan oleh Salahudin al-Ayyubi pada masa   Dinasti Al Ayyubiyah  ·           Menyebutkan   salah satu tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti   Ayyubiyah   |  
|    8  |      Memahami dan mengambil ibrah   dari perkembangan kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah untuk Masa   Kini dan yang akan datang.   |      ·           Menjelaskan   keterkaitan cara Shalahuddin al-Ayyubi dalam membentengi umat Islam dari   Kristenisasi.  ·           Menjelaskanibrah   dari perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.  ·              |  
|    10  |      Memahami Perkembangan Islam   di Indonesia   |      ·           Menyebutkan   bukti-bukti yang mendukung teori masuknya Islam ke Indonesia.  ·           Menyebutkan   cara-cara masuknya Islamke Indonesia.   ·           Menyebutkan   penyebab berkembangnya Islam di Indonesia.   |  
|    11  |      Memahami Tokoh-tokoh terkenal   dalam menyebarkan Islam di  Indonesia   |      ·           Menjelaskanperan   tokoh Abdul Rauf Singkel  ·           Menyebutkantokoh-tokohWalisongo    ·           Menyebutkan   karya yang terkenal dari tokoh-tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia.  ·           Meneladani perilaku   yang baik dari tokoh Abdul Rauf Singkel.  ·           Meneladani dan   mengikuti sifatparaWalisongo.  ·           Meneladani   sikap dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari.   |  
|    12  |      Memahami tradisi dan adat di   Indonesia.   |      ·           Menjelaskan pengertian   tradisi Nusantara  ·           Menyebutkan   contoh-contoh keseniandan adat Nusantara  ·              |  
|    13  |      Memahami bentuk dan apresiasi   antara Tradisi dan upacara Adat di Nusantara.   |      ·           Menjelaskan   seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisiIslam  ·           Menunjukkan   contoh seni budaya lokal sebagai bagiandaritradisiIslam ·           Menunjukkan bentuk   apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuanNusantara ·           Menjelaskan keterkaitan   budaya lokaldengan tradisiIslamdi Indonesia ·           Menunjukkan contoh   kesesuaian antara tradisi dan adat yang bercorak Islam.  ·           Menyebutkan   contoh tadisi Islam yang berkembang di Indonesia.  ·           Menyebutkan   salah satu contoh tradisi Islam di Indonesia.   |  
C. Kisi-Kisi SKI UAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
|    No  |      Standar Kompetensi Lulusan  |      Indikator  |  
|    1  |      Memahami dan mengambil ibrah   sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah, masalah   kepemimpinan umat   setelah Rasulullah SAW wafat   |      ·           Menentukan sejarah   dakwah RasullulahSAW pada periode Mekah  ·           Menentukan usaha-usaha   Rasullulah SAW dalam mengembangkan dakwah pada periode Mekah  ·           Menentukan   orang-orang yang pertama kali masuk Islam  ·           Menentukan   kerabat Nabi SAW yang melindungi dakwahnya  ·           Menyebutkan   tantangan dan hambatan yang dihadapi Rasullulah dalam berdakwah pada periode   Mekah  ·           Menentukansejarah   hijrahnya Rasullulah SAW ke Madinah  ·           Menentukan   strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah  ·           Menentukan   peperangan yang dialami Rasulullah SAW di Madinah     |  
|    2  |      Memahami dan mengambil ibrah   masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat   |      ·           Menentukan   proses pemilihan kepemimpinan pasca Rasulullah SAW  ·           Menentukan   usaha-usaha Khulafaurrasydin dalam dakwah  ·           Menentukan   sistem pemerintahan Khulafaurrasyidin  ·           Menentukan   peperangan pada masa Khulafaurrasyidin   |  
|    3  |      Memahami dan mengambil ibrah   perkembangan Islam pada periode klasik   |      ·           Menentukan   sistem pemerintahan Bani Umayah  ·           Menentukan sejarah berdirinya Bani Umayah  ·           Menentukan   departemen-departemen yang dibentuk pada masa Bani Umayah  ·           Mennenkan perkembangan   ilmu-ilmu Agama pada masa Bani Umayah  ·           Menentukan   gelar/ sebutan para Kholifah Daulah Abbasiyah  ·           Menentukan   Khalifah-Khalifah yang berjasa pada masa Bani Umayah  ·           Menentukan   hasil karya Ulama'-ulama' muslim pada masa Daulah Abbasiyah  ·           Menentukan   peninggalan-peninggalan Daulah Abbasiyah  ·           Menentukan   kemunduran Daulah Abbasiyah  ·           Menentukan   ibrah/ teladan dari para ulama'  ·           Menentuakan   sebab-sebab kemunduran Islam pada masa bani Abbasiyah ·           Menentukan   keteladanan/ ibrah dari para tokoh pada masa Daulah Abbasiyah     |  
|    4  |      Memahami dan mengambil ibrah   Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan /zaman kemunduran (1250   M – 1800 M)   |      ·           Menentuakan   sejarah perkembangan Islam pada masa pertengahan  ·           Menentukan   tokoh-tokoh pembaharu Mesir pada masa kebangkitan  ·           Menentukan   usaha-usaha para tokoh pembaharu muslim  ·           Menentukan dua   faktor munculnya pembaharuan Islam  ·           Imperialisme   Barat terhadap dunia Islam  ·           Menentukan   wilayah Islam yang runtuh akibat penjajahan Barat  ·           Menentukan   usaha Barat dalam menjajah dunia Islam   |  
|    5  |      Memahami dan mengambil ibrah   Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam   perkembangan Islam di Indonesia   |      ·           Menentukan   cara-cara masuknya Islam di Indonesia  ·           Menentukan   Kerajaan-kerajaan Islam awal di Sumatera  ·           Menentukan   walisongo yang berdakwah dengan kesenian  ·           Menentukan   nama/ gelar para Walisongo  ·           Menentukan   hasil karya Walisongo  ·           Menentukan   munculnya Organisasi Islam Awal di Indonesia  ·           Menentukan   Lembaga-lembaga Islam Modern   |  
|    6  |      Memahami dan mengambil ibrah   Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam   perkembangan Islam di dunia   |      ·           Menentukan   perkembangan Islam di Eropa  ·           Menentukan   perkembangan Islam di Asia Tenggara  ·           Menentukan   ibrah dari perkembangan Islam di dunia   |  
 Untuk mendapat Kisi-Kisi Soal Al-Qur’an-Hadis, Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih, Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN)  MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Melalui Link Dibawah INI : 
Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya : 
0 komentar:
Posting Komentar