Tips shift lock untuk mobil transmisi automatic



Banyak konsumen yang telepon menanyakan kalau mau parkir paralel tapi bisa di dorong gimana caranya. Hampir setiap hari kita terima telepon seperti itu," ungkap salah satu kepala bengkel resmi salah satu brand mobil Jepang.

Pernyataan tersebut menggambarkan kalau sampai saat ini masih banyak yang belum mengenal betul tentang mobil bertransmisi otomatis (A/T) yang dibeli dan dipakainya. Terutama saat parkir secara paralel.

Parkir model ini jelas akan menghalangi mobil-mobil lainnya. Padahal mobil-mobil saat ini baru bisa lepas kunci kalau tuas transmisi berada di posisi P (Park).

Posisi tersebut membuat mobil tak bisa didorong, padahal supaya bisa didorong, transmisi harus netral dan tuas berada di N. Ketika tuas berada di posisi P, maka terdapat suatu mekanis yang mengunci gigi-gigi yang ada di dalam girboks (Gbr 1).

Nah, supaya tuas bisa dipindah dari posisi P ke N manfaatkan fitur shift lock. Pada beberapa mobil berbeda-beda cara penggunaannya. "Untuk di Nissan Juke, cukup di tekan tombol yang ada, kemudian sambil tekan tombol yang ada di gagang transmisi, pindahkan ke N (Gbr 2)," ucap Ade Haryawan, kepala bengkel Nissan Puri Kembangan, Jakbar.

Sedangkan Nissan Evalia, harus membuka karet penutupnya terlebih dahulu. Gunakan ujung anak kunci untuk mencongkelnya. Simpan dengan baik karetnya karena potensi hilang tinggi lantaran dimensinya sangat kecil. Setelah terbuka, masukkan anak kunci ke lubang tersebut sambil sedikit di tekan. Lalu, tekan tombol yang ada di gagang transmisi untuk memindahkan tuas dari P ke N.

Pada mobil-mobil Toyota, tekan tombol yang menonjol (Gbr 3). Kemudian pindahkan ke posisi N. Tak seperti Nissan, pada Toyota Avanza tidak perlu menekan tombol yang ada di tuas transmisi.

Berbeda lagi perlakukannya untuk mobil Honda. Masukkan anak kunci ke lubang yang cukup besar untuk bisa memindahkan dari posisi P ke N (Gbr.4). Setelah berada di posisi N, tarik kembali anak kunci tersebut.

Sederhana dan sangat penting, tapi terkadang dilupakan cara penggunaannya oleh pemilik mobil A/T. 


(mobil.otomotifnet.com)

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.