menanganai anak yang kesulitan menulis

Pernah menghadapi anak kesulitan menulis ? bagaimana penanganannya ? untuk menjawabnya mari kita simak penjelasan singat berikut ini. 

langkah pertama yang dilakukan dalam cara menangani anak yang kesulitan menulis adalah dengan memposisikan tinggi tulisan yang ada di papan tulis dengan mata anak yang kesulitan tersebut. ada dua macam pendekatan yang dilakukan hal ini :

pertama : pendekatan multi sensori
pendekatan multisensori adalah anak melihat ( secara menulis ), mendengar ( penjelasan secara menulis ) dan menelusuri contoh huruf. adapun tahan pengajaran yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. guru menunjukan huruf yang akan ditulis.
  2. guru menyebutkan nama huruf dan sambil memperagakan, guru menjelaskan cara menulisnya. misalnya " kita mulai dari tengah garis membuat garis lengkung ke kiri sampai garis bawah. kemudian mulai dari atas kita buat garis ke kanan, sampai kira kira ujung garis lengkung, kita tarik lurus kebawah , dengan ekor sedikit ke kanan. kita sudah membuat huruf "a".
  3. anak menelusuri huruf sambil mengucapkan keras keras gerakan tangannya seperti yang telah dilakukan oleh guru.
  4. anak menelusuri huruf dengan pensil 
  5. anak menyalin huruf di kertasnya.
kedua : model berangsur
metode pembelajaran cara menangani anak yang kesulitan menulis
menganani kesulitan menulis pada anak
dalam hal ini contoh huruf disajikan dengan tulisan sangat tebal, anak menelusurinya lagi, kemudiannya menyalinnya ke kertasnya. pengurangan ketebalan contoh huruf secara berangsur ini dapat berupa huruf dengan tulisan tipis, huruf dengan garis garis putus, dan huruf dengan titik pada sudut sudutnya saja.

tetapi perlu diingat kegiatan seperti ini jangan . lama, tetapi harus segera dialihkan ke kata bermakna dengan prosedur yang sama. hal ini untuk mencegah rasa bosan dan sikap negatif terhadap pengajaran menulis. paga kegiatan menyalin, sebaiknya anak juga diberi contoh tulisan pada selembar kertas dengan ukuran yang sama dengan  kertas tulisan anak.

memang semua ini perlu kesabaran, sebagai seorang pengajar keuletan dalam hal mendidik anak, kesabaran dalam mendidik anak dalam hal ini menulis, sudah barang tentu butuh pengorbanan. memang banyak anak kesulitan belajar tetapi dengan kesabaran dan keuletan pasti akan mendapatkan hasil yang diinginkan. selamat berjuang bapak dan ibu guru sukses selalu dengan pengajarannya.


0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.