Soal Ujian Nasional 2013 : Apakah benar 20 Paket ?

Soal Ujian Nasional 2013

--> > Soal Ujian Nasional 2013 pict

Soal Ujian Nasional 2013

Selamat bertemu dengan Sukses Ujian Nasional. Pada kesempatan yang sangat baik ini akan mencoba posting tentang "Soal Ujian Nasional 2013", bagaimanakah Soal Ujian Nasional 2013? Apakah tipenya sama dengan tahun sebelumnya? Berikut ini sedikit informasi tentang Soal Ujian Nasional 2013, semoga bermanfaat.

Soal Ujian Nasional 2013
Berikut ini kutipan berita dari bersumber dari http://www.jpnn.com/read/2012/10/11/142936/Mendikbud-Siapkan-20-Variasi-Soal-UN-2013-

JAKARTA - Meski banyak ditentang, Pemerintah tetap berencana menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) tahun depan. Bahkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) telah menyiapkan sejumlah perubahan, di antaranya soal UN akan dibuat 20 variasi. Sedangkan untuk pengawasan pelaksanaan UN, pemerintah masih tetap berkoordinasi dengan perguruan tinggi negeri.

Soal Ujian Nasional 2013
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN didasari undang-undang dan peraturan pemerintah. Sedangkan dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya.

“Insyaallah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (11/10).

Dijelaskan, perubahan yang dilakukan berkaitan dengan jumlah variasi soal. Jika pada tahun ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal.

Soal Ujian Nasional 2013
“Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” katanya.

Sementara mengenai standar kelulusan, Mendikbud mengatakan ada kemungkinan untuk meningkatkan dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan.

Nah, pada pada tahun ini proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi tahun depan yang disiapkan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.

Soal Ujian Nasional 2013
Namun opsi ini menurut masih tanda bintang karena belum dimatangkan bersama Badan Sandar Nasional Pendidikan (BSNP), walaupun meningkatkan kesulitan soal UN sudah jadi pemikiran Kemendikbud.

Soal Ujian Nasional 2013
Ditambahkan Nuh, bahwa dengan 20 variasi soal, nantinya UN akan lebih menarik dan membuat peserta didik bisa lebih khusyuk karena yang diuji dalam UN adalah kemampuan perorangan bukan kolektif.

"Ini yang diuji kan kemampuan perorangan. Bukan kolektif. Jadi kami ingin meningkatkan kekhusyukan. Tantangan terbesar pelaksanaan UN adalah meningkatkan kejujuran. Nilainya berapa adalah bagian dari ikhtiar. Ujungnya adalah kredit dari UN itu," tambahnya.(fat/jpnn)

Semoga sedikit informasi tentang tipe Soal Ujian Nasional 2013 ini bermanfaat.

Keywords : Soal Ujian Nasional 2013, Soal UN 2013

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.