Cara Mengajar Matematika Kepada Siswa

menjadi guru matematika
Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan, karena memang matematika banyak bermanfaat dalam kehidupan manusia. Meskipun tidak sedikit orang yang mengaku tidak menyukai pelajaran matematika. Padahal tanpa disadari, banyak sekali bagian dari hidup kita yang berkaitan dengan ilmu matematika. Jika siswa-siswi di sekolah menyadari akan pentingnya matematika,niscaya mereka tidak akan menjadi anti terhadap matematika. 

Oleh karenanya, ini adalah tantangan bagi seorang guru matematika, untuk dapat membuat atmosfir pembelajaran yang lebih menyenangkan, tidak membosankan, menegangkan dan menakutkan. Untuk itu, berikut ini adalah cara mengajar matematika kepada siswa:


1. Gunakan logika berfikir

Matematika tidak hanya membutuhkan kemampuan berhitung karena bila hanya berhitung saja, maka kita bisa dengan mudah menggunakan alat bantu seperti kalkulator. Yang paling penting dalam belajar matematika adalah logika berfikir. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman siswa yang benar tentang matematika.


2. Gunakan cara yang menyenangkan

Siapapun akan setuju bahwa mempelajari sesuatu dengan hati yang senang akan bisa dengan mudah memahami hal tersebut. Begitu juga dengan matematika. Serumit apapun soal matematika, bila kita mempelajarinya dengan senang ataupun menggunakan cara yang menyenangkan, maka siswa bisa dengan cepat menguasainya

3. Gunakan simbol

Mengapa harus menggunakan simbol? karena matematika pada dasarnya bersifat abstrak (tidak nyata). Oleh karena itu, supaya kita tidak kesulitan dalam belajar matematika, kita harus bisa memegang, merasakan, serta melihat sehingga kita harus bisa mewujudkan dalam bentuk nyata supaya siswa bisa dengan mudah memahami matematika

 4. Jelaskan dalam bentuk cerita

Sebuah soal matematika yang sangat rumit dan sulit, akan bisa terlihat mudah untuk dipecahkan bila diuraikan dalam bentuk cerita. Ini berhubungan dengan penggunaan logika berfikir. Oleh karena itu, bila kita telah terbiasa menggunakan logika berfikir dalam memecahkan soalmatematika, maka siswa tidak akan menemui kesulitan bila menjumpai soal matematika dalam bentuk cerita.

Video materi pembelajaran matematika

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.