Download Kisi-Kisi UKG Online SD, SDLB, SMP, SMA dan SMK


Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut diperkuat dengan pencanangan “guru sebagai profesi” oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Landasan posisi strategis guru tersebut dituangkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Secara eksplisit amanat Undang-Undang tersebut adalah kebijakan pembinaan dan pengembangan profesi guru agar memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diaktualisasikan untuk menjalankan profesi mendidik.
Profesionalitas guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dan diperuntukkan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru. Dengan demikian, Uji Kompetensi Guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB) dan sebagai entry point Penilaian Kinerja Guru (PKG). Artinya UKG bukan merupakan resertifikasi, atau uji kompetensi ulang dan juga bukan UKG yang tidak ditujukan untuk memutus tunjangan profesi.
Berkenaan dengan UKG Online yang akan diadakan pada mulai 30 Julli sampai dengan 12 Agustus 2012 ini terhadap 1.006.211 Guru yang bersertifikat profesi di seluruh Indonesia ada beberapa kisi-kisi yang dapat bapak/ibu Download untuk membantu mempersiapkan diri menjawab soal-soal UKG Online nanti.
1.      Download Kisi-kisi UKG Online Guru SDLB :  Klik Disini!
2.      Download Kisi-Kisi UKG Online Guru Kelas SD Klik Disini!
3.      Download Kisi-Kisi UKG Online Bahasa Inggris SD Klik Disini!
4.      Download Kisi-Kisi UKG Online Penjas SD Klik Disini!
5.      Kisi-Kisi UKG Online Bahasa Inggris SMP :  Klik Disini
6.      Kisi-Kisi UKG Online IPA SMP : Klik Disini
7.      Kisi-Kisi UKG Online Matematika SMP:  Klik Disini
8.      Kisi-Kisi UKG Online  PKN SMP : Klik Disini
9.      Kisi-Kisi UKG Online  BK Klik Disini
10.  Kisi-Kisi UKG Online  Bahasa Inggris SMA Klik Disini
11.  Kisi-Kisi UKG Online  Biologi SMA Klik Disini
12.  Kisi-Kisi UKG Online  TIK Klik Disini
13.  Kisi-Kisi UKG Online  Fisika SMA Klik Disini!
14.  Kisi-Kisi UKG Online  Kimia SMA Klik Disini!
15.  Kisi-Kisi UKG Online  Ekonomi SMA  Klik Disini!
16.  Kisi-Kisi UKG Online Sejarah SMA Klik Disini!
17.  Kisi-Kisi UKG Online  Sosiologi SMA Klik Disini!
18.  Kisi-Kisi UKG Online  Penjas SMA Klik Disini!
19.  Kisi-Kisi UKG Online  PKN Klik Disini!
20.  Kisi-Kisi UKG Online  Fisika SMK Klik Disini!
21.  Kisi-Kisi UKG Online  IPA SMK Klik Disini!
Demikian beberapa kisi-kisi Soal UKG online yang dapat bapak/ibu guru download, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti UKG Online 2012. Untuk mengakses langsung dari situs kemendikbud silahkan klik : BPSDMPK KEMDIKBUD
SEMOGA SUKSES

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.