Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) Mata Pelajaran Matematika dan Pedoman UKG


Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan menjadikan peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut menjadi semakin besar dengan telah dicanangkannya profesi guru sebagai profesional oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Sehingga pada tahun 2005 terbitlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehubungan dengan hal tersebut, kebijakan Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru telah dilakukan melalui berbagai upaya.
Profesionalisme guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui upaya peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Sehubungan dengan itu, uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG). Dengan demikian UKG bukan merupakan resertifikasi atau uji kompetensi ulang maupun untuk memutus tunjangan profesi. 

Untuk mengetahui lebih banyak masalah UKG ini Anda dapat mengunjungi website resminya, yaitu www.ukg.kemdikbud.go.id. Di website tersebut Anda dapat melihat ataupun mengunduh pedoman UKG, Kisi-Kisi UKG, Calon Peserta UKG, dan tempat pelaksanaan UKG. Namun saat ini agak susah dibuka, karena terlalu banyak pengunjungnya.
Setiap ujian tentu ada kisi-kisinya. Berikut ini Anda dapat mengunduh kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) Mata Pelajaran Matematika
  1. Kisi-Kisi UKG Matematika SMP
  2. Kisi-Kisi UKG Matematika SMK
  3. Kisi-Kisi UKG Matematika SMA

Adapun pedoman pelaksanaan UKG dapat Anda unduh di tautan berikut ini
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.