Tips: Agar Tubuh Tak Lemas Saat Berpuasa

Tips: Agar Tubuh Tak Lemas Saat Berpuasa
Bulan puasa sebenarnya juga saat yang tepat untuk mengatur pola dan menu makan sehat.

Jadwal makan jadi lebih teratur, sehingga tubuhpun jadi lebih segar. Bagaimana sih mengatur makanan yang sehat agar badan tetap bugar dan tidak lemas sepanjang berpuasa? Kami punya tipsnya, ladies:

Mix karbohidrat dan protein

Jangan takut gemuk karena karbohidrat, justru sebenarnya karbohidrat itu penting agar tubuh tidak lemas saat berpuasa.

Kuncinya adalah, pilih menu karbohidrat dengan angka GI (Glycemic Index) yang rendah agar gula darah naik perlahan dan kenyang bertahan lebih lama. Nah, apa saja menu karbohidrat ber-GI rendah?

Anda bisa mencoba beras merah, oatmeal dan roti gandum. Selain itu, protein juga penting untuk membantu tubuh kenyang lebih lama. Jadi, pastikan selalu ada menu protein seperti susu, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Asupan air 10 gelas setiap hari

Karena tidak bisa minum saat berpuasa, Anda bisa mengatur asupan air setidaknya 10 gelas setiap hari. Tak harus dalam bentuk air mineral, namun juga bisa lewat jus buah, teh, atau sup.

Awali dengan minum terlebih dahulu

Agar kadar gula meningkat perlahan, sebenarnya langkah yang tepat adalah minum teh manis hangat dengan 3-5 biji kurma terlebih dahulu, baru 10-20 menit kemudian berbuka puasa.

Tujuannya adalah agar gula tidak cepat naik dan pankreas tidak terkejut. Hindari pula makan makanan yang digoreng dan bersantan, dan pilihlah menu yang dipanggang, atau dibakar saja.

Berolahraga kecil

Justru setelah sholat subuh, jangan langsung tidur lagi. Berolahraga kecil di depan rumah sambil menghirup udara segar, maka tubuh akan lebih bugar. Kalau perlu, lepas juga sandal dan berjalan di atas kerikil berukuran agak besar untuk melancarkan peredaran darah.

Apabila siang hari Anda mengantuk, cobalah untuk melihat tetumbuhan hijau dan bersenam-senam meluruskan badan sejenak. Tubuh akan terasa lebih ringan dan Anda siap menanti berbuka puasa.

http://www.wartanews.com/lifestyle/ed19893b-2817-c1d9-5ad6-cb7ad6af53b5/tips-agar-tubuh-tak-lemas-saat-berpuasa

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.