Fakta Menarik Spanyol di Piala Eropa



 Usai sudah gegap gempita Kejuaraan Eropa. Spanyol masih membuktikan diri sebagai tim terbaik di benua biru. Tim Matador tampil cemerlang mulai dari babak penyisihan grup hingga final.
Selama perhelatan berlangsung, Spanyol memang tampil cemerlang. Mereka tidak terkalahkan sepanjang turnamen. Tim asuhan Vicente Del Bosque itu hanya memetik hasil imbang 1-1 saat jumpa Italia di fase penyisihan grup. Selebihnya, Spanyol terus berlari kencang hingga mempertahankan gelar.
Puncaknya, Spanyol mengandaskan perlawanan Italia 4-0 di partai final yang berlangsung di Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, Senin 2 Juli 2012 dinihari WIB. Selepas memastikan diri merebut gelar, banyak fakta dan rekor mengiringi sukses gemilang Tim Matador selama mengikuti turnamen dan tampil final Kejuaraan Eropa. Berikut catatan yang dirangkum dariBBC Sport.
Fakta Spanyol
Spanyol menjadi tim Eropa pertama yang mampu meraih tiga gelar di turnamen besar tiga kali beruntun. Spanyol merebut mahkota juara di Kejuaraan Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Kejuaraan Eropa 2012.
Tim Matador tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di Kejuaraan Eropa. Mereka memetik sembilan kali kemenangan dan tiga kali imbang. Ini sebuah rekor dalam turnamen sekelas Kejuaraan Eropa.
Spanyol belum terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di bawah asuhan pelatih Vicente Del Bosque. Ini sebuah rekor baru dalam kompetisi.
Iker Casillas menyamai rekor Edwin Van der Sar tidak kebobolan dalam sembilan pertandingan di Kejuaraan Eropa. Casillas pun telah memenangkan 100 dari 137 pertandingan Internasional. Dia menjadi satu pemain yang mampu meraih banyak kemenangan dalam satu abad di level internasional.
Enam pemain Barcelona berada menjadi starter. Namun ini bukan rekor, karena sebelumnya tujuh pemain Dynamo Kiev membela Uni Sovyet (kini Rusia) pada Kejuaraan Eropa 1988.
Fakta partai final
Juan Mata menjadi pemain pengganti pertama yang mampu mencetak gol dengan cepat.Pemain milik Chelsea itu menggenapkan keunggulan Spanyol menjadi 4-0, satu menit 14 detik setelah masuk lapangan.
Xavi Hernandez kembali menyumbangkan assist kepada Fernando Torres. Empat tahun silam di final, Xavi juga membantu Torres mencetak gol untuk memastikan Spanyol merebut gelar di Kejuaraan Eropa.
Fernando Torres menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di dua final Kejuaraan Eropa. El-Nino membuat gol tunggal Spanyol di final Kejuaraan Eropa 2008.
Spanyol menjadi tim ketiga yang mencetak dua gol di babak pertama pada final Kejuaraan Eropa. Rekor ini sebelumnya diciptakan Italia di final 1968 dan Cekoslowakia pada 1976.
Satu-satunya tim lain yang mampu mencetak tiga gol atau lebih di final Kejuaraan Eropa adalah, Jerman Barat vs Uni Soviet pada 1972 (3-0).
Ini adalah final Kejuaraan Eropa pertama di mana kedua tim dikapteni oleh seorang kiper. Satunya adalah final Piala Dunia 1934 antara Italia (Giampiero Combi) dan Cekoslowakia (Franta Planicka). (eh)

VIVAbola  

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.