Profil Universitas Al Muslim

Universitas Almuslim Peusangan, Bireuen - Provinsi Aceh merupakan satu-satunya Universitas di Kabupaten Bireuen, dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 02/D/O/2003 yang merupakan perubahan bentuk dari Sekolah-sekolah Tinggi dan Akademi dalam lingkup Perguruan Tinggi Almuslim yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STP), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) yang didirikan pada tanggal 14 Zulqaidah 1406 H atau bertepatan dengan tanggal 1 Agustus 1985 M. Pada usia ke26 tahun Universitas Almuslim memiliki 14.681 Mahasiswa aktif, telah mewisudakan 6.892 Sarjana Negara, memiliki 489 orang dosen yang sebagian bergelar Magister dan Doktor, 139 orang tenaga Administrasi dan Tenaga Perbantuan Lainnya.

Sekarang ini juga terdapat 227 orang dosen sedang menyelesaikan studi S2 dan S3 di berbagai Universitas dalam dan luar daerah dengan Beasiswa BPPS dari Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan Beasiswa dari Universitas Almuslim.

Universitas Almuslim Peusangan, Bireuen - Provinsi Aceh merupakan satu-satunya Universitas di Kabupaten Bireuen, dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 02/D/O/2003 yang merupakan perubahan bentuk dari Sekolah-sekolah Tinggi dan Akademi dalam lingkup Perguruan Tinggi Almuslim yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STP), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) yang didirikan pada tanggal 14 Zulqaidah 1406 H atau bertepatan dengan tanggal 1 Agustus 1985 M. Pada usia ke26 tahun Universitas Almuslim memiliki 14.681 Mahasiswa aktif, telah mewisudakan 6.892 Sarjana Negara, memiliki 489 orang dosen yang sebagian bergelar Magister dan Doktor, 139 orang tenaga Administrasi dan Tenaga Perbantuan Lainnya. Sekarang ini juga terdapat 227 orang dosen sedang menyelesaikan studi S2 dan S3 di berbagai Universitas dalam dan luar daerah dengan Beasiswa BPPS dari Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan Beasiswa dari Universitas Almuslim. Minat masyarakat begitu besar terhadap Universitas Almuslim, hal ini dibuktikan oleh putera-puteri daerah ini memilih Universitas Almuslim sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi dalam melanjutkan pendidikannya. Data kami menunjukkan bahwa Tahun Akademik 2009/2010 tercatat 6.896 orang mahasiswa yang mendaftar dan yang diterima hanya 2.400 orang. Pimpinan Universitas Almuslim bersama Yayasan terus berupaya mengembangkan Universitas ini untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, pemerintah dan Dunia Usaha Industri. Mulai Tahun Akademik 2009/2010 Universitas Almuslim memfokuskan pada pengembangan Sumber Daya Manusia yaitu dengan mengirimkan 18 orang Dosen Tetap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan ini adalah tanggungan Universitas Almuslim, dan juga memberikan kesempatan kepada semua Dosen yang berjumlah lebih kurang 227 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi S2 dan S3 secara terencana dengan memberikan bantuan Beasiswa dalam upaya menghasikan lulusan yang berkualitas. Untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar, Universitas Almuslim juga telah menyusun kurikulum yang berbasis kompetensi, menambah buku perpustakaan, membangun Fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan, serta melakukan pembenahan keluar dengan selalu berkoordinasi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen, Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Pusat, Direktorat Pendidikan Tinggi di Jakarta, dan Kopertis wilayah I di Medan. " />
Minat masyarakat begitu besar terhadap Universitas Almuslim, hal ini dibuktikan oleh putera-puteri daerah ini memilih Universitas Almuslim sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi dalam melanjutkan pendidikannya. Data kami menunjukkan bahwa Tahun Akademik 2009/2010 tercatat 6.896 orang mahasiswa yang mendaftar dan yang diterima hanya 2.400 orang. Pimpinan Universitas Almuslim bersama Yayasan terus berupaya mengembangkan Universitas ini untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, pemerintah dan Dunia Usaha Industri. Mulai Tahun Akademik 2009/2010 Universitas Almuslim memfokuskan pada pengembangan Sumber Daya Manusia yaitu dengan mengirimkan 18 orang Dosen Tetap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan ini adalah tanggungan Universitas Almuslim, dan juga memberikan kesempatan kepada semua Dosen yang berjumlah lebih kurang 227 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi S2 dan S3 secara terencana dengan memberikan bantuan Beasiswa dalam upaya menghasikan lulusan yang berkualitas.

Untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar, Universitas Almuslim juga telah menyusun kurikulum yang berbasis kompetensi, menambah buku perpustakaan, membangun Fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan, serta melakukan pembenahan keluar dengan selalu berkoordinasi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen, Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Pusat, Direktorat Pendidikan Tinggi di Jakarta, dan Kopertis wilayah I di Medan.

Visi dan Misi

Visi:
Universitas Almuslim pada tahun 2016 adalah lembaga Pendidikan Tinggi yang Unggul, professional dan Islami  dalam menghasilkan sumber daya yang berkualitas tinggi, dalam bidang ilmu pendidikan, teknologi, kesehatan, ekonomi, sosial/budaya, Seni dan humaniora yang didasari oleh akhlak yang mulia dan peka terhadap keberlangsungan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.
 
Misi:
  • Melaksanakan prosess pendidikan jenjang Diploma III, dan strata S-1;

  • Melakukan penelitian dan survey yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEK dan masyarakat;

  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud konstribusi sosial menuju kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera;

  • Menigkatkan kualitas sumber daya Universitas secara berkesinambungan;

  • Melakukan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;

  • Melaksanakan pengembangan program pendidikan tinggi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat luas.

 
 
Tujuan:
  • Menghasilkan lulusan yang bermutu dan mampu bersaing di tingkat nasional;

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan ketrampilan;

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan pengembangan IPTEK;

  • Menjadi pusat informasi tentang permintaan dan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan masyarakat luas;

  • Memperkuat penyediaan perangkat pendukung dan sistim pelayanan pendidikan yang berkesinambungan;

  • Meningkatkan fungsi, peran, tanggung jawab organisasi pelaksana pelayan pendidikan serta penataan kelembagaan sedemikian hingga dapat memberikan kepuasan stake-holder.


Pimpinan Universitas

Pimpinan universitas adalah Rektor dan para Wakil Rektor, bertugas antara lain menjalankan fungsi pengelolaan universitas secara keseluruhan, melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada kepada masyarakat, membina sivitas akademika (dosen & mahasiswa)serta membina hubungan dengan alumni, baik dilingkungan universitas dan masyarakat. Rektor diangkat/diberhentikan oleh Majelis untuk masa jabatan 5 tahun, setelah melalui proses pemilihan yang diadakan khusus dalam suatu rapat terbuka Majelis.

Lambang dan Identitas

1.   Warna kuning emas pada pinggir berarti Keagungan Allah yang Maha Esa.
2.   Warna dasar hijau tua, berarti keislaman
3.   Segi lima berarti Universitas Almuslim berazaskan pancasila
4.   Merah darah berbentuk mata hari berarti gagah berani
5.   Tulisan Arab warna putih berarti suci.
6.   Tulisan Arab (Iqrak; berarti bacalah) sebagai bahagian ayat Al-Qur’an yang diturunkan sebagai perintah untuk mencari   ilmu pengetahuan dengan membaca.
7.   Warna putih kitab, mata yang bersinar berarti Qur’an dan Hadist
8.   Warna dasar biru muda, berarti tenteram, damai dan bersatu.
9.   Warna kuning Lima pancaran sinar matahari, berarti Islam ditegakkan atas lima rukun.
10. Warna putih enam pancaran sinar matahari, berarti Islam harus mengimani atas enam rukun.

 
Kesimpulan dengan kesucian keikhlasan berarti menuju masyarakat yang cerdas, bersatu aman dan tenteram diikat oleh Ukhuwah Islamiyah yang abadi sehingga Universitas Almuslim menjadi teladan yang “Unggul, Profesional dan Islami”.

Prestasi Nasional

  • Pemenang PHK Penyelenggaraan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jenjang S1(PHK S1 PGSD-B) untuk Provinsi Aceh

  • Pemenang PHK Sistem PPL dan Lab. Microteaching

  • Pemenang PHK INHEREN K-3 / TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

  • Penyelenggara Sertifikasi Guru untuk Provinsi Aceh

  • Penyelenggara Program S1 Pendidikan Guru dalam Jabatan di Provinsi Aceh

  • Juara Umum Festival Seni Tradisional Melayu dan Aceh se Kopertis Wilayah I (Sumut-Aceh), Tahun 2008

  • Juara III Putra dan Juara Harapan I Putri MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2009

  • Pemenang PHK Revitalisasi Pendidikan Tinggi Seni melalui Muhibah Seni Budaya Indonesia ke Luar Negeri Tahun 2010

  • Pemenang PHK-I Tahun 2009 Implementasi 2010 sd. 2014

  • Pemenang Olimpiade ON-MIPA antar Mahasiswa se Kopertis Wilayah I (Aceh-Sumut)Tahun 2010

  • Pemenang PHK DIA BERMUTU BATCH III Tahun 2010


0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.