Cuti Lebaran 2 Bank Tetap Buka

Meski berdasarkan surat edaran Bank Indonesia (BI) pusat layanan operasional mulai libur sejak hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2011 hingga sampai Minggu 4 September 2011, namun beberapa bank tetap akan beroperasi melayani nasabahnya menjelang Idul Fitri dan setelahnya.

Hingga saat ini diketahui sudah dua bank di wilayah BI Medan yang menegaskan dirinya untuk tetap beroperasi dan buka secara khusus untuk menerima pembayaran nasabah, yaitu Bank Mandiri dan BNI.

Namun, tidak semua cabang di wilayah kerja kedua bank tersebut beroperasi karena hanya di beberapa titik yang dianggap sentral dan mendesak saja yang akan tetap buka.

Pemimpin Kelompok Pengembangan Bisnis dan Layanan BNI Kantor Wilayah Medan, Sutarman mengatakan, dibukanya sekitar 14 outlet BNI di wilayah Sumut ini memang diperuntukkan guna mengoptimalkan pembayaran sistem distribusi pembayaran bahan bakar minyak (BBM) dan non BBM dan juga memberi kemudahan bagi para pelaku usaha distribusi migas dalam hal pembayaran.

"Ada tiga jenis transaksi yang akan kita layani selama buka di waktu libur. Yang pertama adalah jenis transaksi kas rupiah, pemindahbukuan antar rekening BNI dan juga setoran Pertamina," ujar. Sutarman kepada Tribun. Untuk jenis transaksi kas oleh nasabah yang akan dilayani adalah transaksi dengan nilai maksimal Rp 50 juta.

Ia menambahkan, di kota Medan terdapat lima titik outlet BNI yang akan tetap buka pada libur Lebaran. Outlet tersebut adalah, BNI Cabang Pemuda, BNI Pasar sentral, BNI Plaza Medan Fair, BNI Sudirman dan juga BNI USU.

Seluruh karyawan di kelima outlet tersebut akan bertugas seperti biasa. Hari libur hanya diberlakukan pada hari Selasa, sementara Senin, Rabu, Kamis dan Jumat tetap buka. Jam buka yang diberlakukan BNI mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB, namun khusus hari Rabu, jam kerja dibatasi hingga pukul 13.00 WIB saja.

Pembukaan outlet bank juga terjadi di Bank Mandiri Sumut. Namun pembukaan outlet pada beberapa cabang itu hanya dilakukan pada hari Senin (29/8), Rabu (3/9) dan Jumat (2/9) saja. Pelayanan ini memang dikhususkan untuk pembelian BBM oleh PT Pertamina. Sementara untuk nasabah lainnya yang bersifat lebih umum, disiapkan ATM dan alat pembayaran elektronik lainnya yang tersedia.

"Untuk layanan ATM dan transaksi lainnya tetap akan berlangsung seperti biasa," jelas Kakanwil Bank Mandiri Sumut, Djoko Warsito.

Pemaksimalan layanan ATM 24 jam juga dikerahkan oleh BNI yang ditempatkan di Merdeka Walk Medan. Layanan ATM ini memang ditempatkan khusus untuk memudahkan para nasabah untuk mendapatkan dana tunai di pusat kota Medan.

Kepala Bidang Sistem Pembayaran Bank Indonesia Regional Sumut dan Aceh Kahfi Zulkarnaen juga membenarkan hal tersebut. Sesuai surat yang diterima pihaknya, perbankan tidak akan beroperasi mulai Sabtu (27/8) hingga Minggu (4/9).

"Tapi ada dua bank yang menyatakan akan tetap beroperasi terbatas pada tanggal tertentu selama libur Lebaran, yaitu Bank Mandiri dan BNI. Sengaja buka khusus untuk melayani pembayaran tertentu," katanya.

Namun, meski kedua bank tersebut buka, transaksi kliring yang dilakukan sehari-hari di BI Medan tidak akan dilakukan, karena pegawai BI Medan tetap libur. Pihaknya berharap perbankan menyediakan dana di seluruh ATM agar masyarakat tetap bisa untuk memenuhi kebutuhan uang tunai nasabahnya.

Sementara itu, kegiatan transaksi di bursa pasar Danareksa Medan dipastikan terakhir terjadi pada tanggal 26 Agustus ini. Sejak tanggal 27 Agustus hingga 5 September, transaksi akan nihil dan akan dibuka kembali pada tanggal 6 September.

"Pasar bursa juga tutup, makanya karyawan juga libur semua," jelas Branch Manager Danareksa Medan, Martha Hidayat.

0 komentar:

Poskan Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.