Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 1 - 9

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 1
Tayang : Senin, 25 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

Ali dan Umar berebut lahan. Mereka berdua sama-sama teriak “ALLAHU AKBAR“. Mereka mengaku orang Islam tapi masa bekelahi sampai mereka dipisahkan oleh Bang Abu. Mereka mau berguru dengan Bang Abu. Kata Bang Abu kalau mau jadi muridnya, persyaratannya harus angkat sandal.

Saat angkat sandal, Umar baca bismillah tapi sambil mengeluh. Kata Bang Abu, bismillahnya bener, kelakuannya salah. Lain halnya dengan Hasan. Papanya kaget saat tahu Hasan masuk Islam. Tapi Hasan lebih kaget saat Ki Tejo bilang Islamnya Islam sampul. Beda halnya dengan Jejen. Kerjanya cuma mengeluh sampai dia ketemu Ma’ruf. Jejen dikasih duit tapi duit bohongan. Jejen jadi tambah kesal. Hasan diusir papanya karena sholat di rumah. Kata papanya, kalau sudah bisa menentukan agama sendiri, maka tentukanlah hidupmu sendiri.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 2
Tayang : Selasa, 26 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

Hasan pergi dari rumahnya. Dia bingung mau ke mana. Semua fasilitas diambil oleh papanya. Hasan pergi ke kampung Bang Abu. Dia tertegun di depan parkiran dan bingung harus kemana. Umar yang kenal dengan Hasan, mendekatinya. Umar tahu Hasan pasti diusir oleh papanya.

Umar mengajak Hasan tinggal di kontrakannya. Hasan tanya ke Umar, apakah dia punya pendingin ruangan alias AC. Umar bilang tidak ada AC, ada kipas angin saja. Jejen minta tolong sama Ma’ruf, karena istrinya sakit. Dia pinjam uang, mobil dan tenaganya Ma’ruf. Ma’ruf jadi pusing dibuatnya. Sementara itu, ibunya Ali tidak mau dikasih uang oleh Ali karena Ali mendapatkan uang tersebut dari hasil memeras orang lain. Begitu juga dengan Lukman, dia jadiin emaknya layaknya seorang pembantu. Syifa kaget pas tau, yang dibaca hasan itu AL QUR’AN terjemah, Umar yang nyuruh Hasan langsung lari pas dibilang sama Abu, kalo di belakang semua ini ada Umar.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 3
Tayang : Rabu, 27 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

JEJEN. Mempertanyakan pada BANG ABU, kenapa hidupnya susah, padahal dia juga Islam yang taat beribadah. Menurut BANG ABU, dalam cara mengenal Allah berbeda. BANG ABU mengatakan kalau JEJEN itu sudah kaya. Mungkin JEJEN sudah berdoa, tapi kurang khusyuk.

HASAN-SYIFA. HASAN melihat keadilan dari sisi berbeda. Kenapa dia dilahirkan dari ibu non-Islam. Kenapa tidak semua orang dilahirkan Islam saja? SYIFA coba menjelaskan bahwa yang lahir Islam pun belum tentu jadi muslim. Belum tentu masuk surga. Harusnya HASAN bersyukur telah terpilih oleh Allah menjadi orang Islam. Secara tidak langsung, HASAN juga belajar sholat pada SYIFA. MA’RUF. Mencuci foto untuk dibawa mati, sebagai bukti pahala yang telah dilakukannya. ALI-UMAR. Mempermasalahkan bismilah atau basmalah. TEBE. Selalu mendoakan orang tuanya, agar Allah mengampuni dosa mereka. Selain itu juga juga menasehati orang tuanya agar kenal dan dekat dengan Allah. Kalau kenal dan dekat, kalau minta apa-apa pasti diberi. USMAN. Beberapa jemaah di musholla kagum dengan sholatnya USMAN yang khusyuk. Seorang pencuri mengambil ban mobil Usman. Ternyata USMAN marah. BANG ABU bilang, kalau orang kehilangan masih marah, artinya dunia dan akhiratnya belum sebanding. USMAN sadar, bahwa kenapa dirinya bisa bermewahan sedangkan tetangganya dalam kemiskinan.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 4
Tayang : Kamis, 28 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

LUKMAN adalah seorang pemuda dari keluarga miskin yang mempunyai seorang ibu yang sangat ia sayangi hingga ia rela menjual martabak untuk memenuhi kebutuhan hidup, meskipun ibunya bekerja sebagai kuli cuci, Lukman merasa berhutang budi kepada ibunya hingga ia bertekad akan membahagiakan ibunya dan ia berjanji akan membelikan rumah, mobil dan akan memberangkatkan ibunya ke tanah suci.

TB dengan akalnya yang ia gunakan hingga ia mendapatkan martabak yang diberikan Lukman atas jasa ia mendoakan Lukman, martabak tersebut ia berikan kepada orang tua yang ia sayangi yaitu Ijah ibunya. Tb pun berjanji kelak besar nanti ia akan membahagiakan ibunya, adzan subuh berkumandang Tb membangunkan ibunya untuk sholat Subuh. Jejen mendengar Tb membangunkan Ijah, akan tetapi Jejen berpura-pura tidur pulas sampai di musholla Ali bertanya kepada Tb mengenai kenapa bismillah dibaca bismillah bukan basmallah. Tb menyuruh ali untuk bertanya kepada Utsman dan Utsman menjelaskan hal tersebut.

Ali dan Umar memperhatikan ketika Tb diberikan martabak oleh Lukman karena berdoa untuk Lukman dan ia berusaha bagaimana mendapatkan martabak gratis seperti Tb. Ali dan Umar mendekati Lukman kemudian ia menawarkan jasa doa kepada Lukman, Lukman menolak jasa Ali dan Umar karena ia nggak percaya doa orang dewasa dibandingkan doa anak kecil yang masih polos yang bisa diijabah, bagaimana untuk mendoakan orang lain sedangkan doa untuk dirinya saja belum terkabul. Ali pulang ke rumah, di rumah ibu Ali menolak uang pemberian Ali karena ibunya merasa uang yang diberikan Ali adalah uang darah yang Ali dapat dari hasil memaksa orang untuk membayar parkir.

Turunnya hujan merupakan keberkahan bagi Bang Abu, ia bertemu dengan Syafa teman waktu sma, bang abu terpikir tentang masa lalu yang pernah ia alami dengan Syafa dan akhirnya ia punya pemikiran seandainya Syafa mau ia akan mempersunting Syafa. Di rumah Bang Abu memperhatikan adiknya yang mulai jatuh cinta.

Ketika Hasan masuk ke rumah ia memberi salam, Surya ayahnya Hasan kaget mendengar Hasan memberi salam, di kamar Hasan mencari surat Arrahman dalam al-quran dan ketika Hasan sholat Subuh ia khawatir akan ayahnya mengetahui apa yang ia lakukan dan pada akhirnya ayahnya hasan merasa curiga karena ketika sarapan sebelum menyantap makanan Hasan mengucapkan basmallah.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 5
Tayang : Jumat, 29 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

Lukman berpakain rapi dan wangi ia hendak pergi mencari dambaan hati yang bisa merubah hidup dari kemiskinan kemudian ia bertemu dengan Bang Abu dan Ki Tejo, Ki Tejo memberikan wejangan kepada Lukman ia harus mencari wanita dari bobot, bebet dan bibitnya.

Tb merasa belum sempurna sunnahnya karena ia belum disunat. Kemudian Tb menyampaikan keinginannya untuk disunat dan diarak-arak menggunakan kuda sampai kebawa mimpinya. Orang tuanya, Ijah dan Jejen menyetujui keinginan Tb walaupun ia harus berusaha meminjam uang kepada orang lain.

Bang Abu bertemu dengan Syafa, Syafa bertanya kepadanya apakah benar Abu telah menyampaikan salam kepada Tb, Bang Abu tidak merasa demikian ia mengalihkan pembicaraan itu meminta maaf kepada Syafa menjelang bulan Ramadan.

Kecurigaan Surya ayahnya Hasan semakin kuat setelah ia melihat kamar Hasan penuh dengan buku-buku tentang agama Islam, Hasan mengetahui kecurigaan ayahnya sehingga ia akan memberanikan diri untuk bicara kepada ayahnya bahwa dirinya telah memeluk agama Islam, ketika Hasan memberanikan diri untuk bicara kepada ayahnya, ayahnya menolak pembicaraan itu sampai ia pulang dari Singapura.

Ma’ruf merasa tersinggung terhadap ungkapan Tb bahwa dirinya juga belum sempurna sunnahnya karena belum menikah, Ma’ruf berniat akan melamar perempuan yang cantik di kampungnya, Syifa adiknya Bang Abu, kemudian ia melangkah pergi ke rumah Bang Abu didampingi dengan Ali, Umar dan Ki tejo, didalam rumah Bang Abu lamaran Ma’ruf ditolak Syifa.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 6
Tayang : Sabtu, 30 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

Hasan bertemu dengan Ali dan Umar ia berkenalan dengan mereka, hasan bercerita berpacaran dengan syifa persyaratan yang harus dilakukan yaitu membaca Alquran, Hasan merasa tidak bisa membaca Alquran, Ali dan Umar menyarankan Hasan untuk membaca terjemahan.

Hasan membaca Alquran surat Arrahman yang ia bawa dengan jelas dan benar, Hasan selesai membaca, kemudian Bang Abu mengambil Alquran yang lain dan menyuruh Hasan untuk membacanya, Hasan merasa gugup karena tdk bisa membaca Alquran yang diberikan Bang Abu, sedangkan Alquran yang tadi ia baca hanya terjemahannya saja.

Maruf betemu dengan Jejen, ia langsung memberikan uang 500 ribu kepada Jejen dengan persyaratan mencarikan anak perempuan, tak lama kemudian Jejen membawa anak perempuan yang tidak sesuai keinginan Maruf karena jejen mambawa anak perempuan yang masih kecil. Maruf ke rumah Ki Tejo ia minta supaya Ki Tejo bisa menolong mencari jodoh untuknya tak lama kemudian Tb datang dan bicara kepada Bang Maruf bahwa manusia yang meminta kepada manusia susungguhnya ia manusia yang merugi karena sesungguhnya Allah yang maha mengabulkan segala permintaan.

Tb bertemu dengan Ki Tejo, Ki Tejo memberikan jimat kepada Tb untuk menghilangkan rasa sakit ketika disunat, Tb menolak pemberian jimat dari Ki Tejo karena menurut Tb ia hanya percaya kepada Allah dan bukan kepada jimat. Dengan akalnya Tb bisa mengelabui Ki Tejo dengan memberikan uang kepada Tb dan kemudian Tb lari.

Lukman melihat wanita cantik Alika namanya hendak masuk ke dalam mobil. Di lain hal seorang penjahat memperhatikan Alika juga yang punya niat jahat untuk mengambil tas Alika, ketika Alika akan hendak masuk ke mobil penjahat itu menghampiri Alika lalu mengambil tas Alika, Alika berteriak. Lukman melihat kejadian itu ia langsung mengejar penjahat tersebut dengan rasa was-was dan ragu-ragu. Penjahat tersebut lebih berani dari Lukman hingga Lukman dibuat gugup ketika berhadapan, Lukman meminta kepada penjahat supaya tasnya yang dikembalikan dengan alasan yang tepat akhirnya penjahat tersebut mengembalikan tas Alika ke Lukman.

Merasa menjadi pahlawan Lukman memberikan tas tersebut ke Alika, Alika merasa kecewa karena uang yang berada di tas tersebut hilang, dengan rasa kesal dan membantingkan pintu mobil, Alika pergi.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 7
Tayang : Minggu, 31 Juli 2011, pukul 19.00 WIB

TEBE akhirnya disunat. Beberapa tokoh di kampung itu memberi support baik berupa bantuan maupun doa. BANG ABU memberi nasehat kepada TEBE, apa arti sunat bagi seorang muslim. HASAN yang ternyata juga belum sunat, tiba-tiba juga ingin disunat.

Dengan bantuan BANG ABU dan SYIFA, jadilah HASAN melaksanakannya di rumah BANG ABU. Sementara itu, karena kuatir gunjingan orang, MA’RUF yang sudah cukup tua itu berniat menikah. Tapi calonnya belum ada. ALI-UMAR diminta mencarikan jodoh, kalau masih mau ngontrak di rumah MA’RUF. Calon pertama ditolak karena adiknya banyak, MA’RUF takut bangkrut.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 8
Tayang : Senin, 1 Agustus 2011, pukul 19.00 WIB

Baru pulang sunat HASAN masih pakai sarung. Surya yang melihat, menegurnya kalau di komunitas mereka tidak ada yang pakai sarung, tapi pakai celana panjang. HASAN diajak SURYA pesta di rumah oomnya, pesta daging babi. HASAN minta pertimbangan SYIFA.

Disarankan datang, tapi tidak ikut pesta. HASAN diminta segera belajar ngaji. SURYA melihat HASAN bersama gadis berjilbab, SYIFA. SURYA khawatir, HASAN terbawa ke keyakinan Islam karena bergaul dengan gadis itu. Sementara itu, TEBE masih pake sarung karena habis disunat. Anak religious ini memberikan uang hasil hadiah sunatan pada orang tuanya. Kendati baru sunat TEBE bermain bola. Bola kena Ma’ruf. Saat Ma’ruf terjatuh, difoto Tebe. Kali ini ALI-UMAR dapat pelajaran bahwa makhluk yang diharamkan pun masih lebih berguna dari pada orang yang tak pernah berzikir. Adalah ALIKA gadis cantik, kaya dan pintar, bertanya pada Tebe, siapa orang paling ikhlas di sini. Kata Tebe, Lukman, tukang martabak. Ada apa Alika menanyakan orang paling ikhlas? Sedangkan MA’RUF yang ingin punya istri, melihat Siti adalah gadis yang cocok untuk dirinya. Tapi Siti tidak mau. Dengan kekayaannya Ma’ruf bisa merubah keputusan Siti.

Sinopsis Sinetron Sampeyan Muslim Episode 9
Episode 09, Selasa, 2 Agustus 2011

Lukman bagaikan mendapat durian runtuh. Alika, si gadis kaya, menaksirnya. Tapi emak Lukman melihat ada yang kurang pada diri Alika, yaitu sikap dan cara bicaranya. Meskipun demian, akhirnya Lukman menikahi Alika.

Hasan belajar membaca huruf Arab. Gurunya Tebe. Diam-diam Syifa juga memperhatikan. Hasan mencari kesempatan untuk bertemu Syifa di rumah, tapi selalu terganggu Bang Abu. Kali ini Hasan beralasan mau minta maaf menjelang bulan Ramadhan. Hasan dapat informasi dari Tebe, kalau orang Islam tidak ada yang pacaran, tapi taaruf. Hasan bingung tidak tahu artinya.

Ma’ruf memberikan apa saja yang diminta Mpok Ida agar mau memaksa Siti. Mpok Ida punya rencana besar bila Ma’ruf jadi menantunya. Maka ia memaksa Siti agar mau dinikahi Ma’ruf, dengan alasan karena pasti keluarganya akan kenyang setiap hari. Akhirnya Siti bersedia dan Ma’ruf menikahinya.

Tebe tidak bosannya, selalu menasehati Emaknya mengenai Emak yang belum mau pakai jilbab.

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.