Universitas Borneo Tarakan (UBT)

Universitas Borneo didirikan oleh Yayasan Pinekindi pada tanggal 9 Oktober 1999 dan ditetapkan pada 30 Maret 2000 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pinekindi Nomor: 011/YP/TRK/III/2000. Unversitas Borneo secara resmi mulai penyelenggarakan proses belajar dan mengajar pada tanggal 5 Juni 2001, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 37/D/O/2001.
Universitas Borneo berada dalam kawasan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah baik berupa sumberdaya pesisir dan kelautan, hutan, tambang, lahan pertanian dan lainnya. Selain itu Universitas Borneo terletak pada geografis yang strategis dengan ciri khusus berada di dekat wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia serta Philipina.
Menyadari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi serta persaingan di berbagai bidang saat ini, maka pembangunan dan pengembangan pendidikan merupakan kata kunci dalam menyediakan Sumberdaya Manusia yang mampu berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu Universitas Borneo membangun Visi dan mengembangkan Misi untuk mencapai tujuan diatas.

Visi dan Misi

Menyadari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi serta persaingan diberbagai bidang saat ini, maka pembangunan dan pengembangan pendidikan merupakan kata kunci dalam menyediakan sumberdaya manusia yang mampu berkompetensi baik ditingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu Universitas Borneo membangun Visi dan mengembangkan Misi untuk mencapai tujuan tersebut diatas

Visi :

Visi Universitas Borneo adalah sebagai pusat penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan akademik, mandiri, profesional, serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya guna mendukung Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Borneo.

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat yang selaras dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Borneo.

Menghasilkan lulusan yang unggul.

Menggali, mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya kepada masyarakat luas.

Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam rangka penggalian, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Tujuan :

Membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan penuh rasa tanggung jawab demi masa depan Bangsa dan Negara.

Menyiapkan peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia yang siap pakai untuk mengelola sumber daya yang ada, serta menjadikan mereka sebagai anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan Ilmu Pengetahuan,Teknologi, Seni dan Budaya.

Meningkatkan mutu manusia Indonesia sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berwatak, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, kreatif, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air, dan memiliki rasa kesetiakawanan.

Profil Universitas

Tahun Berdiri

1999

Nama Rektor

Abdul Jabarsyah P.hD

Lokasi

Jl. Amal Lama No 1. Tarakan Kalimantan Timur

Alamat Kontak

telp, +625515507023

fax, +62551-5511158

email, ubt@borneo.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.