Universitas Andalas (UNAND)

Sudah menjadi pendapat umum (public opinion) bahwa Universitas Andalas (Unand) meruapakan universitas tertua di luar Jawa dan tertua ke empat di seluruh Indonesia, didirikan atas SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 80016/Kab; 23 Desember 1955.

Universitas ini secara resmi dibuka oleh empat pendirinya, bersama dengan Drs. Mohammad Hatta, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Sarino Mangoenpranoto pada 13 September 1956.

Dalam tahun-tahun awalnya, universitas memiliki 5 fakultas yaitu: Fakultas Pertanian di Payakumbuh, Fakultas Kedokteran dan MIPA di Bukittinggi, Fakultas Hukum di Padang, dan Fakultas Pendidikan Guru di Batusangkar.

Fakultas Ekonomi dan Fakultas Peternakan didirikan di Padang pada tahun 1961 dan 1963 secara berturut-turut menyusul 5 fakultas lainnya. Pada tahun 1965, Fakultas Pendidikan Guru dipisahkan dan menjadi IKIP Padang.

Lokasi Kampus
Terletak di wilayah perbukitan Limau Manis, Kecamatan Pauh, kira-kira 15 Km dari Padang, ibukota Sumatera Barat. Kampus Universitas Andalas mencakup area seluas 500 hektar. Daerah ini disebut sebagai Bukik Karamuntiang / Hill of “Rhodomyrtus tomentosa, dan terletak pada ketinggian ± 255 m di atas laut.

Bangunannya memiliki arsitektur yang unik: kombinasi dari model atap tradisional Minangkabau (tanduk kerbau) dan struktur yang bergaya modern. Universitas sedang dalam proses melengkapi fasilitas-fasilitasnya untuk mengakomodasi aktivitas akademik dan ekstrakurikuler.

Hampir semua fakultas terletak di Limau Limau Manis, kecuali:

  • Fakultas Kedokteran yang terletak di daerah Jati (kampus pertama), Padang,
  • Politeknik Pertanian di Payakumbuh.
  • Fakultas Ekonomi Pembangunan di Payakumbuh

0 komentar:

Posting Komentar



Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.